Cara Mudah Menghapus dan Membersihkan Virus Autorun.inf Dari Laptop / PC


anaksmanda.com - Kali ini saya mencoba menjelaskan tentang virus yang menyebabkan file dan folder hilang di Flashdisk. Hal ini terjadi karena flashdisk kalian telah terinfeksi virus yang sering disebut sebagai virus autorun.inf dimana ketika terdeteksi oleh antivirus, itu dikategorikan sebagai worm multivarian.

Apa itu virus autorun?

Autorun.inf adalah virus yang menyerang laptop kita dengan mencari kerentanan saat kita memasukkan flashdisk atau CD ke laptop dan PC. Ketika flashdisk dimasukkan ke dalam slot USB, Windows pertama-tama akan menjalankan file autorun sesuai dengan instruksi yang diberikan. Kalian juga dapat menemukan file autorun.inf di drive "C". Misalnya, drive CD/DVD program harus berisi file autorun untuk menjalankan fungsinya secara otomatis.

Cara Mengatasi virus autorun.inf

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika kalian tidak dapat menemukan file atau folder saat Anda memasukkan flashdisk, kemungkinan flashdisk Anda terinfeksi virus. Dalam hal ini, Anda harus terlebih dahulu mencoba menampilkan isi folder dan file di flash drive dengan mencentang "Tampilkan file, folder, dan drive tersembunyi di menu opsi folder". Setelah mengaktifkan opsi folder, biasanya ada file bernama autorun.inf di memori flash. Jika Anda menghapus file tersebut, file akan muncul kembali di flashdisk kalian.

Cara Mengatasi virus Autorun.inf menggunakan SMADAV Antivirus


Pertama-tama, Kalian harus sudah memiliki SmadaV AntiVirus dan berada dalam SafeMode windows.
Jika masih belum, silahkan masuk ke SafeMode dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Nyalakan/reboot komputer Kalian
  2. Setelah layar komputer kosong dan menyala, tekan tombol F8 sebelum logo Windows muncul
  3. Pilih SafeMode menggunakan panah kursor pada keyboard
  4. Setelah memilih menu SafeMode, tekan Enter
  5. Tunggu hingga login SafeMode selesai
Persyaratan kedua Kalian harus memiliki SmadaV AntiVirus di PC Kalian Jika Kalian belum memilikinya, silakan download dibawah ini

Setelah semua persyaratan, ikuti langkah-langkah selanjutnya:

  1. Masuk ke SafeMode menggunakan petunjuk di atas
  2. Setelah Kalian berada dalam SafeMode, buka Smadav AntiVirus dan pindai semua drive di PC Kalian dengan SmadaV
  3. Setelah virus terdeteksi, termasuk virus autorun, bersihkan dengan cara klik kanan dan pilih Quarantine all
  4. Dan sekarang semua virus di drive Kalian telah dibersihkan dengan Smadav
  5. Namun Kalian belum selesai sampai disini, untuk menghapus virus autorun secara tuntas, lakukan hal berikut, setelah menghapus semua virus, buka menu Karantina di SmadaV dan hapus semua virus yang dikarantina disana. Caranya bisa diperlihatkan seperti pada gambar ini: 
  6. Setelah semua file virus sudah dibersihkan, pilih menu Tools di smadaV, lalu pilih bagian Smad-Lock, centang Select all dan klik Lock. Anda dapat melihat cara melakukannya pada gambar berikut:   
  7. Terakhir silahkan  silakan Restart Kembali Komputer / Laptop Kalian dan Selamat Menikmati Bermain Komputer Tanpa Ada Gangguan Virus.