Sinopsis Film Soekarno : Indonesia Merdeka


Sinopsis Film Soekarno: Indonesia Merdeka. Akhirnya film yang beberapa waktu lalu mengundang kontroversi itu bakal dirilis. Film Soekarno: Indonesia Merdekamerupakan sebuah film terbaru karya sutradara terkenal Hanung Bramantyo, dan aktor yang beruntung memerankan sosok Soekarno adalah Ario Bayu, yang pernah main di film Java Heat.
Soekarno: Indonesia Merdeka sempat mendapat penolakan dari putra-putri Bung Karno terutama oleh Rachmawati dan Guruh Soekarno Putra (GSP). Karena menurut GSP, film Soekarno: Indonesia Merdeka ini lebih cenderung pada sisi komersilnya saja.
Film yang akan dirilis pada tanggal cantik 11 Desember 2013 (11-12-13) ini akan mengambil latar cerita kehidupannya di tahun 1920an hingga kemerdekaan Republik Indonesia. Romantisme kehidupan Soekarno bersama ibu Inggit dan Fatmawati juga akan mewarnai ceritanya termasuk perjuangan mereka untuk mewujudkan Indonesia Merdeka.
sinopsis film soekarno indonesia merdeka
Soekarno
Berikut Sinopsis Film Soekarno: Indonesia Merdeka :
Sukarno kecil dahulu bernama Kusno, namun karena tubuhnya kurus dan sakit-sakitan, nama tersebut diganti Sukarno oleh ayahnya. Dengan nama baru itu, ayahnya berharap dia akan menjadi ksatria layaknya Adipati Karno. Waktu berlalu, Sukarno menjadi pemuda yang aktif dan mengguncang podium politik.
Karena terlalu 'vokal' dan berani, dia akhirnya dijebloskan dalam penjara. Dia dituduh menghasut dan memberontak seperti Komunis. Tapi keberanian Sukarno tidak pernah padam. Dia makin menggugat. Pledoinya yang sangat terkenal, Indonesia Menggugat membuat dia dibuang ke Ende, lalu Bengkulu.
Di kota itu Sukarno rehat sejenak dari politik. Dia jatuh hati pada gadis cantik bernama Fatmawati. Padahal saat itu Sukarno masih menjadi suami Inggit Garnasih, perempuan yang selalu menjadi perisai baginya tatkala di penjara dan dibuang. Inggit harus rela melihat sang suami tercinta jatuh hati pada gadis lain. 
Di tengah kemelut rumah tangganya, Jepang datang memulai peperangan Asia Timur Raya. Birahi politiknya kembali menguat. Belanda takluk oleh Jepang. Sesuatu yang dulu dianggap raksasa bagi Sukarno, kini lenyap. Kemerdekaan Indonesia seolah di ambang mata.
Sementara itu Hatta dan Sjahrir, saingan politik Sukarno di masa muda mengingatkan bahwa Jepang tidak kalah bengisnya dengan Belanda. Tapi Sukarno punya sudut pandang berbeda. "Jika kita cerdik, kita bisa memanfaatkan Jepang untuk upaya meraih kemerdekaan Indonesia" kata Sukarno. Hatta terpengaruh. Tapi Sjahrir tidak. 
Kita semua tahu bahwa pada akhirnya kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 agustus 1945. Tapi apakah itu kemerdekaan yang diharapkan? Jangan-jangan kemerdekaan itu semata-mata hadiah dari Jepang? Jangan-jangan apa yang kita peringati setiap tahun itu hanyalah upah bagi Sukarno karena telah bekerja untuk Jepang? Bagaimanakah cara Sukarno mewujudkan kemerdekaan itu? Berapa nyawa yang dikorbankan?
Di atas kereta kuda, haji Cokroaminoto berpesan kepada Sukarno muda: "Manusia itu sama misteriusnya dengan alam, tapi jika kau bisa menggenggam hatinya, mereka akan mengikutimu". Kalimat itu selalu dipegang Sukarno untuk mewujudkan mimpinya .... Indonesia Merdeka!
Film Soekarno Indonesia Merdeka :
  • Sutradara : Hanung Bramantyo
  • Produser : Raam Punjabi
  • Pemain : Ario Bayu, Lukman Sardi, Ferry Salim, Maudy Kusnaedi, Agus Kuncoro, Sujiwo Tejo, Tika Bravani, Ferry Salim
  • Gene : Drama, Biografi
  • Durasi : 137 menit
  • Tanggal Rilis : 11 Desember 2013

Show comments
Hide comments

Apakah Anda mempunyai saran? Silakan Tambah komentar. Jangan spam!