Backlink dan Manfaatnya Terhadap SEO Blog

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah Link / tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita.Backlinks juga dikenal sebagai inbound link. Backlink merupakan aspek yang penting dalam hal SEO,karena backlink akan membuka kesempatan situs Anda untuk berada diposisi atas mesin pencari(Page One). Banyak mesin pencari termasuk google yang menjadikan backlink sebagai aspek dalam algoritmanya.jika website Anda memiliki jumlah backlink yang berkualitas dan banyak maka website Anda akan lebih dipandang baik di mata Google.

Fungsi dan Manfaat Backlink

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa backlink merupakan salah satu tolak ukur dalam algoritma mesin pencari. Dengan demikian, manfaat setelah kalian membuat backlink dalam situs lain akan terasa, contohnya :

  1. Meningkatnya posisi situs kalian pada SERP
    Banyak yang berpikiran kalau backlink sebagai ajang promosi situs saja, tidak ada gunanya, padahal dengan menaruh link hidup pada situs lain yang berpagerank tinggi, memungkinkan meningkatnya posisi situs kalian pada SERP (Search Engine Result Page).
  2. Meningkatnya trafik situsBila pada poin 1, meningkatnya posisi pada serp, hal ini tentu akan berkaitan dengan kemungkinan meningkatnya trafik situs kalian. Tentunya pada SERP diimbangi dengan SEO On Page yang baik dan menarik agar pencari dapat tertarik untuk membuka situs kalian.
  3. Mempertahankan posisi SERPTidak hanya situs kalian yang terpampang dalam SERP, ada banyak, bahkan sampai ratusan-ribuan. Tapi dengan seiring waktu, posisi SERP akan saling bersaing dan situs kalian tentunya tdak akan kalah dalam SERP.
  4. Meningkatnya ranking situsIni yang paling penting, semua tau kalo situs kalian pasti mempunyai peringkat. Nah, backlink merupakan salah satu indikator yang penting dalam meningkatnya peringkat situs. Dengan memenuhi ketiga poin diatas, sudah dapat kita pastikan bahwa peringkat situs pelan-pelan akan terasa naik. Tentu hal ini memudahkan kita untuk mencari afiliasi bisnis seperti google adsense.

Macam Macam Backlink


1. Dofollow

Biasanya blog yang dofollow ditandai dengan atribut rel='dofollow' atau tanpa atribut. Mesin pencari biasanya menjelajah semua isi dari blog / situs. Ketika mereka akan datang pada backlink, Mereka akan memeriksa bahwa itu DoFollow Backlink atau NoFollow Backlink. Jadi jika backlink tersebut dofollow maka mereka akan mengikuti link dan mendarat di halaman web lain untuk menjelajahnya. Itulah mengapa setiap webmaster ingin meningkatkan blog/ situs  Backlinks DoFollow dan membantu dalam meningkatkan Google PR dan Alexa Rank.

2.Nofollow
Biasanya blog yang nofollow diandai dengan atribut rel='nofollow'  atau tanpa atribut. Jadi jika backlink yang dibuat dengan atribut NoFollow maka mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti link tersebut.


Show comments
Hide comments

1 komentar:

avatar

Packers and movers in faridabad@
http://www.transmoving.in/packers-movers-faridabad.html
Packers and movers in goa@
http://www.transmoving.in/packers-movers-goa.html
Packers and movers in indore@
http://www.transmoving.in/packers-movers-indore.html
Packers and movers in jaipur@
http://www.transmoving.in/packers-movers-jaipur.html

Apakah Anda mempunyai saran? Silakan Tambah komentar. Jangan spam!