Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19

anaksmanda.com - Pemanfaatan Teknologi Modern  merupakan salah satu cara dalam memerangi Covid - 19. Banyak pemerintah dan pakar teknologi bekerja bersama untuk memerangi penyebaran virus ini. Bentuk kerja sama ini telah menghasilkan banyak produk teknologi baru atau memodifikasi teknologi lama untuk digunakan melawan Covid-19.

Sejumlah teknologi yang ada telah terbukti sangat efektif dalam memerangi epidemi ini. Selain itu, kehadiran teknologi dapat mengurangi partisipasi manusia untuk membantu mengatasi epidemi ini. Berikut adalah beberapa teknik dengan teknologi modern yang digunakan untuk memerangi penyebaran Covid 19:

1. Artificial Intelligence  (Kecerdasan Buatan).

BlueDot, salah satu perusahaan terbesar di Kanada, telah berhasil mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu melacak risiko penyebaran penyakit menular. Teknologi ini mampu melacak virus dan memprediksi epidemi dengan menganalisis informasi yang diperoleh dari berita, percakapan media sosial, dan dokumen pemerintah. Teknologi ini juga merupakan langkah maju dalam memberikan peringatan sehubungan dengan pengumuman WHO.

BlueDot sudah melihat tanda-tanda Covid-19 tepat sembilan hari sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis pernyataannya terkait adanya virus corona baru. Benar saja, tidak lama setelahnya, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan Covid-19 berpotensi menjadi pandemi.

Perusahaan China SenseTime juga menggunakan kecerdasan buatan untuk mengatasi Covid-19. Perusahaan ini telah menciptakan sistem yang dapat mendeteksi suhu tubuh manusia dan menentukan gejala demam menggunakan teknologi pengenalan wajah.

2. Robot Medis. 

Tingginya tingkat wabah Covid-19 di Italia, membuat para profesional media harus bekerja ekstra. Tidak jarang bagi mereka yang menderita kelelahan. Selain itu, beratnya pekerjaan mereka juga harus dihadapkan pada batasan APD. Dalam kondisi seperti ini, kehadiran Robot Medis dapat memudahkan pekerjaan tenaga medis.
Salah satu Unit robot medis bernama Tommy di sebuah rumah sakit di wilayah Lombardy salah satu provinsi di Italia, dapat memasuki ruang pasien yang terinfeksi COVID-19, dan kontak langsung dengan pasien secara bebas tanpa perlu memakai masker dan APD. Robot ini juga dapat memfasilitasi komunikasi antara dokter dan pasien. Selain Robot Tommy, adapun di Denmark, sebuah robot otomatis mampu melakukan disinfeksi rumah sakit menggunakan teknologi UV.

3.Penggunaan Drone dalam Mengatasi Wabah.

Terra Drone merupakan salah satu Teknologi Drone populer pada awal pandemi COVID-19 di Tiongkok. Perangkat teknologi ini mampu mengantarkan kebutuhan medis dari rumah sakit ketempat kediaman warga yang membutuhkan. Drone ini juga dapat memberikan sampel dari warga yang diperlukan oleh pihak rumah sakit. 
Di Indonesia, keberadaan drone sangat bermanfaat. Warga menggunakan drone untuk menyemprotkan desinfektan. Ini tentu saja sangat berguna dan juga mengurangi interaksi langsung dengan penduduk setempat.

4. Situs / Website Informasi Covid-19.

Peta sebaran Infeksi Covid-19 dari sumber : https://pikobar.jabarprov.go.id/ 
Website / Situs  Informasi Covid-19 sangat membantu dalam berperan menampilkan data jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien dalam Pengawasan (PDP). Data terbaru menunjukkan bahwa virus Covid-19 sekarang ditemukan di hampir semua pulau di Indonesia.  Dengan pemanfaatan teknologi informasi ini, setiap pemerintah daerah di Indonesia telah mulai membangun saluran informasi resmi tentang Covid-19 di wilayahnya. 

Tidak hanya menampilkan informasi tentang Covid-19, situs terkait juga menampilkan peta sebaran dalam bentuk grafis. Untuk mengetahui daftar situs resmi yang berisi informasi mengenai Covid-19, berikut ini beberapa situs resmi dari pemerintah indonesia yang sudah dihimpun dari berbagai sumber.

Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19, artikel Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19, Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19, baca Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19, artikel Pemanfaatan Teknologi Modern Dalam Penanganan Covid-19

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel text

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel