Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan.

anaksmanda.com - Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh dengan pengampunan, bulan khusus untuk umat Islam di seluruh dunia. Kedatangannya masih diharapkan, karena bulan itu istimewa dan penting. Antusiasme masyarakat Indonesia dalam menyambut Ramadhan memiliki cara berpikir yang unik dan menarik. Setiap daerah memiliki tradisi masyarakat yang bangga dan terus melestarikannya untuk meningkatkan kesinambungan seni dan budaya.

Kekayaan Indonesia tidak bisa lagi dipertanyakan. Keragaman adat budaya, seni, tradisi, makanan tradisional dan bahkan permainan di masa lalu telah menjadi kekayaan yang bisa dibanggakan. Berbicara tentang permainan jaman dulu dibulan ramadhan, kita pasti akan mengingat masa lalu ketika kita masih anak-anak atau remaja.

Pada saat itu, kita masih bebas berekspresi dan bermain permainan yang menyenangkan tanpa merasa ragu  atau malu. Biasanya, selama Ramadhan, sholat Tarawih berakhir hingga subuh, kita bermain dengan teman-teman di halaman masjid, kita bertemu untuk mengobrol atau bermain permainan tradisional.

Permainan-permainan tradisional yang identik dengan bulan ramadhan di setiap daerah yang satu dengan daerah lain pasti mempunyai perbedaan. Untuk mengenang masa lalu dan bernostalgia, penulis akan membahasa beberapa permainan yang biasa dilakukan dibulan Ramadhan.
Berikut Beberapa Permainan Yang sering dimainkan dibulan Ramadhan :

Ular Tangga atau Monopoli


Permainan ular tangga dan monopoli sejak dulu hingga sekarang masih menjadi permainan yang banyak diminati oleh anak-anak. Biasanya permainan monopoli ini dijadikan permainan penghibur dan pelipur rasa lapar menunggu waktu berbuka puasa. Dimainkan bersama anak tetangga yang seumuran sampai waktu adzhan maghrib terdengar dari mushola terdekat.

Kembang Api dan Petasan

Bermain petasan atau kembang api meskipun dilarang oleh polisi, tetapi itu tetap merupakan permainan yang sama dan paling populer selama bulan Ramadhan. Anak-anak yang berkumpul harus membawa petasan, menyalakan dan kemudian melemparkannya, kadang-kadang juga digunakan sebagai intimidasi untuk mengintimidasi anak perempuan. Suara petasan selama Ramadhan menjadi suara yang khas dan sering terdengar, menghiasi malam yang keras dan ramai di bulan puasa.

Pawai Obor

Pawai Obor sebenarnya bukan permainan, tetapi tradisi yang biasanya dilakukan untuk menyambut bulan Ramadhan. Namun, setelah pertunjukan obor berakhir, obor yang sebelumnya digunakan berubah menjadi alat penerangan jalan ketika pergi kemushola untuk shalat tarawih. Saat ini, obor tidak lagi digunakan sebagai alat penerangan umum, karena listrik telah memasuki desa-desa dan jalan telah diterangi dengan lampu listrik.

Perang-Perangan Sarung Anak-anak

Tentu saja, masa kanak-kanak tidak dapat dipisahkan dari kata bandel dan nakal. Mungkin sebagian dari Anda pernah melakukan permainan ini sebelum atau setelah shalat tarawih. Permainan perang sarung biasanya dibuat oleh anak-anak iseng, setelah shalat tarawih sarung yang digunakan dilepas lalu diikat ujungnya menyerupai gulungan dan digunakan untuk memukuli temannya. permainan ini berakhir ketika salah satu teman Anda menangis dan kembali untuk melapor ke orang tuanya.

Meriam Bambu atau Long Bambu

Long bambu atau meriam bambu adalah permainan tradisional yang sangat identik dengan bulan ramadhan. Karena memang permainan ini hanya akan ditemu di buan ramadhan dan ikut berakhir saat malam hari raya idul fitri tiba. Seperti namanya, long bambu. Otomatis permainan ini terbuat dari bambu, bambu yang digunakan biasanya berukuran 1,5 meter sampai 3 meter yang dilubangi pada bagian atasnya dan dibuat lubang kecil tempat menyulut api di bagian bawah bambu.

Amunisi atau bahan yang digunakan untuk membunyikan long bambu sendiri adalah minyak tanah atau spirtus dan korek api. Kayu kecil dicelup ke spirtus kemudian dinyalakan dan dimasukan ke lubang bagian bawah bambu, maka long akan berbunyi dengan keras dan Cumiakan telinga. Permainan ini saat ini dilarang karena berbahaya dan bisa mencelakai diri sendiri!

Bagaimana, apakah sudah mengingat dan bernostalgia dengan Tradisi Permainan saat Bulan Ramadhan yang saat ini sudah mulai jarang ditemui seperti permainan-permainan di atas?

Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan., artikel Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan., Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan., baca Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan., artikel Tradisi Permainan Saat Bulan Ramadhan Yang Sekarang Sudah Jarang Ditemukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel text

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel