Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan & Kecantikan


Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan sangat banyak. Hal ini terkait erat dengan kandungan berbagai nutrisi dan vitamin penting dalam tomat itu sendiri. Buah ini begitu terkenal bahkan dalam dunia kuliner sehingga tomat selalu menjadi bahan atau hiasan utama setiap hidangan di berbagai belahan tanah air.

Seringkali kita mengira bahwa manfaat tomat hanya baik untuk kesehatan mata. Namun jika kita teliti lebih jauh, ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi tomat. Berikut 5 manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Sumber antioksidan

Tomat mengandung likopen, antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya karena secara perlahan merusak sel jaringan tubuh dan dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit.

2. Menjaga kesehatan jantung

Tekanan darah tinggi dan kolesterol dapat diminimalisir dengan kandungan kalium dan vitamin B pada tomat. Senyawa selai ini juga bisa mencegah penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung.

3. Mencegah kanker

Berbagai penelitian berhasil menunjukkan bahwa tomat dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan usus besar. Ini karena terdapat likopen, antioksidan alami yang mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Mencerahkan wajah

Tutupi kulit wajah Anda dengan tomat dan diamkan selama sekitar 10 menit. Kemudian perhatikan perbedaannya. Kulit wajah Anda langsung tampak cerah dan bercahaya.

5. Meredakan diabetes

Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 2 tomat sehari dapat mengurangi stres oksidatif akibat diabetes tipe 2. 

Inilah 5 manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan beberapa fakta di atas, jangan ragu untuk mengonsumsi tomat setiap hari dan rasakan manfaatnya.