Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah dan Keutamaan Bulan Ramadhan


Bulan penuh berkah telah tiba, bulan yang selalu dinantikan umat Islam di seluruh dunia. Ketika semua gerbang neraka ditutup dan semua gerbang surga terbuka, bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Sungguh menyenangkan menyambut bulan Ramadhan. Ada banyak doa yang bisa diucapkan dengan banyak pahala.

Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib dalam Islam. Hal ini terdapat dalam Al Quran Surah Al-Baqarah: 183. yang artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."
Ramadhan merupakan bulan yang mengandung banyak hikmah dan keutamaan. Semua umat Islam dan mukmin harus berbahagia saat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan ini. Tidak hanya diperintahkan untuk beribadah selama sebulan penuh dengan pahala yang berlipat ganda, di bulan Ramadhan, Allah Ta'ala juga menurunkan kitab suci Al-Quranul-karim, yang menjadi pedoman bagi semua orang di alam semesta ini dan juga antara benar dan salah untuk membedakan.

Bulan Suci Ramadhan ini juga menjadi salah satu momen yang tepat untuk segera mengenalkannya pada anak-anak kita juga. Dan juga saat yang tepat untuk melatih anak untuk berpuasa. Karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk menyadari pentingnya puasa Ramadhan ini bagi anak-anak dan juga bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Puasa adalah salah satu ibadah paling mulia dan paling ditentukan dalam Islam. Dan tentu saja ada hikmah dan tujuan dalam semua ibadah. Puasa adalah salah satu sarana terpenting untuk mencapai taqwa dan salah satu alasan untuk mendapatkan pengampunan dosa, memperbanyak dan meningkatkan kebaikan. 

Ada banyak manfaat dan hikmah indah di balik puasa Ramadhan jik kita memaknai puasa dengan ikhlas. Bulan Ramadhan dikenal juga sebagai Sayyidusy Syuhur (Penghulunya Seluruh Bulan). Dinamakan demikian karena bulan Ramadhan mengandung berbagai keutamaan dan kearifan yang tidak dimiliki bulan-bulan lainnya.

Berikut beberapa keutamaan bulan Ramadhan dibandingkan bulan lainnya, diantaranya:

1. Ramadhan adalah Bulan diturunkannya Al-Quran

Alquran diturunkan di bulan Ramadhan. Dengan demikian, Al-Quran diturunkan di bulan Ramadhan sebagai bukti nyata kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Dalil nya didasarkan pada Al- Quran, yaitu QS. Al-Baqarah: 185 yang artinya:

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)."
Sunnah puasa Ramadhan adalah meningkatkan interaksi dengan Alquran dengan membacanya, memahami maknanya, menghafalnya, mempelajarinya dan mengamalkannya.

2. Ramadhan adalah Bulan Keberkahan (Syahrun Mubarak)

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaikan dan berkah. Hal ini berdasarkan hadits Ahmad, An-Nasa'i dan Al-Baihaqi yang artinya:
"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..".
Pahala puasa di bulan Ramadhan jauh lebih tinggi daripada puasa Sunnah lainnya. Untuk setiap ibadah di bulan Ramadhan, Allah akan melipatgandakan pahala-Nya. Ini didasarkan pada sabda Rasulullah SAW  :
"Setiap amal yang dilakukan oleh anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Swt berfirman: Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Karena sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku" (HR. Muslim).

Tidak hanya berkah karena menuai pahala, tapi juga banyak berkah lainnya di puasa Ramadhan. Dari segi ekonomi, Ramadhan akan membawa berkah ekonomi bagi para pedagang dan orang lain. Bagi fakir miskin, Ramadhan membawa berkah tersendiri. Bulan ini, umat Islam didorong untuk berkontribusi dan memberikan sedekah kepada mereka di bulan suci Ramadhan. Mereka bahkan diharuskan membayar zakat fitrah untuk saudara mereka.

3. Terbukanya Pintu Surga dan Tertutupnya Pintu Neraka

Allah SWT telah memberikan kesempatan kepada hamba-hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal kebaikan yang mereka lakukan di bulan Ramadhan. Syaithan tidak memiliki kesempatan untuk merayu dan menyesatkan orang. Rasulullah SAW Bersabda:

“Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Ramadhan sebagai Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah

Melalui berbagai aktivitas ibadah selama bulan Ramadhan, Allah menghapus dosa-dosa kita. sebagaimana sabda Nabi Besar Muhammad SAW :

 "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim).
Allah SWT memberikan Ramadhan sebagai fasilitas pengampunan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Rasulullah SAW bersabda:

”Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

5. Malam Seribu Bulan (Lailatul Qadar)

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang nilai pahalanya lebih baik dari seribu bulan, Allah SWT Berfirman :

"Dan Tahukah kamu lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan." (Al-Qadar: 2-3). 

dan juga Rasulullah SAW bersabda :

"Pada bulan Ramadhan ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang dihalangi kebaikannya padanya, maka rugilah dia” (H.R. Ahmad,An-Nasa’i & Baihaqi).
Oleh karena itu kita dihimbau untuk mencari lailatul qadar ini dengan i'tikaf, khususnya di sepuluh hari terakhir Ramadhan,dengan mengikuti amalan Rasululullah SAW.

Marhaban Ya Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Selama bulan suci ini pintu surga akan terbuka lebar dan pintu neraka akan ditutup rapat. Di bulan Ramadhan yang mulia ini, setan-setan dibelenggu.

Di bulan ini ada malam lebih baik beramal daripada di bulan lainnya, malam Lailatul Qadr, beramal selama seribu bulan. Selama bulan ini ada malaikat yang menelepon setiap hari untuk menasihati mereka yang berbuat baik untuk disenangkan dan mereka yang melakukan kejahatan dan dosa untuk berpantang.