Manfaat Backlink Terhadap SEO di Google

Apa Itu backlink?

Tautan balik (backlink) adalah link / tautan yang ada di situs lain dan arahkan ke situs kita. Mereka juga disebut tautan masuk. Backlink adalah aspek penting dalam hal SEO, karena backlink akan memungkinkan situs kalian untuk memposisikan dirinya di mesin pencari (Page One). Banyak mesin pencari, termasuk Google, menjadikan backlink sebagai salah satu aspek dari algoritma. Jika situs web kalian mengandung banyak backlink berkualitas, situs kalian akan lebih baik dilihat oleh Google.

Fitur dan Manfaat Backlinks

Seperti dijelaskan di atas, backlink adalah salah satu tolak ukur algoritma mesin pencari. Dengan demikian, manfaat setelah membuat backlink di situs lain akan terasa, misalnya:
  1. Meningkatkan posisi situs kalian di SERP
  2. Banyak orang berpikir bahwa backlink sebagai situs promosi situs tidak berguna, bahkan jika menempatkan tautan langsung di situs peringkat tinggi lainnya memungkinkan situs kalian untuk memposisikan dirinya di halaman hasil mesin pencari. .
  3. Meningkatkan Traffic Situs Ketika kalian meningkatkan posisi SERP di poin 1, ini pasti akan terkait dengan kemungkinan meningkatkan traffic situs kalian. Tentu saja, SERP diimbangi dengan SEO On Page yang bagus dan menarik sehingga pengguna dapat tertarik untuk membuka situs kalian.
  4. Dengan mempertahankan posisi yang sama, tidak hanya situs kalian ditandai SERP, tetapi jumlahnya banyak, bahkan ratusan ribu. Namun seiring berjalannya waktu, posisi SERP akan bersaing dan situs kalian pasti tidak akan kalah di SERP.
  5. Tingkatkan peringkat situs Ini adalah yang paling penting, ketahui jika situs kalian harus memiliki peringkat. Tautan balik adalah salah satu indikator penting dari meningkatnya peringkat situs. Dengan menyelesaikan tiga poin di atas, kita dapat memastikan bahwa peringkat situs akan meningkat secara perlahan. Tentu saja, ini memungkinkan kita untuk dengan mudah mencari afiliasi profesional seperti Google AdSense.

Macam backlink

  1. Dofollow
    Blog dofollow biasanya ditkaliani dengan atribut rel = 'dofollow' atau tanpa atribut. Mesin pencari umumnya menelusuri semua konten blog / situs. Ketika mereka datang dengan backlink, mereka akan memeriksa apakah itu backlink DoFollow atau backlink NoFollow. Jadi, jika backlink adalah dofollow, mereka akan mengikuti tautan dan mendarat di halaman web lain untuk menjelajahinya. Ini adalah alasan mengapa setiap webmaster ingin meningkatkan DoFollow Backlinks blog / situs dan membantu meningkatkan Google PR dan Alexa Rank.
  2. Nofollow
    Blog nofollow biasanya ditkaliani dengan atribut rel = 'nofollow' atau tanpa atribut. Jadi, jika tautan balik dibuat dengan atribut NoFollow, mesin pencari akan mengabaikannya karena atribut ini tidak memungkinkan mesin pencari untuk mengikuti tautan tersebut.