8 Tips Menulis Postingan Blog Yang Ramah SEO

Menampilkan posting blog di situs web kalian bisa menjadi daya tarik yang hebat untuk menghasilkan pembaca. Hal ini terutama berlaku untuk topik B2B, di mana pemasar melihat 67% lebih banyak prospek dibandingkan dengan pesaing mereka yang tidak menulis di blog mereka. Tetapi hanya menulis postingan blog saja tidak cukup, kalian perlu tahu bagaimana menulis posting blog dengan SEO.

SEO berarti Optimasi Mesin Pencari, ini adalah serangkaian keterampilan yang membantu konten kalian agar mudah dipahami oleh beberapa mesin pencari, seperti Google, Bing dan Yahoo. Ketika posting blog kalian dipahami dengan baik, mereka dapat muncul di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Ambil contoh, jika kalian menjual sabun buatan tangan, dan gunakan semua keterampilan SEO ini dalam posting blog kalian untuk pemasaran. Pelanggan potensial kalian dapat melihat situs web kalian tercantum pada halaman hasil pencarian ketika kalian mencari sabun buatan tangan.

Ada banyak cara untuk melakukan SEO, dan kami memiliki beberapa hal dasar yang akan kami bagikan, sehingga kalian dapat mulai mengoptimalkan posting blog kalian dan mendapatkan lebih banyak panduan untuk bisnis kalian.

1. Selalu Menulis Untuk Pembaca

Saran pertama, tulis konten yang bagus. Konten yang baik adalah konten yang berbicara kepada pembaca, mudah dicerna dan menghargai pembaca. kalian dapat memberi nilai dengan menghibur pembaca kalian atau dengan memberi tahu mereka sesuatu yang tidak mereka ketahui. Menyediakan konten unik yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca kalian sangat penting. Itu sebabnya kalian perlu membuat profil, atau kami menyebutnya about us.

Orang pembaca kalian, mereka yang akan membaca publikasi harus tumpang tindih dengan orang pembeli, mereka yang memiliki kebutuhan untuk membeli produk atau layanan. Kemudian, sebelum kalian mulai meregangkan jari kalian untuk menulis posting blog, mulailah meneliti untuk siapa kalian menulis. Buat daftar sederhana yang dapat membantu kalian menentukan lebih baik dan, karenanya, menulis konten yang lebih baik untuk pembaca kalian, karena kalian harus memperhatikan beberapa hal sebelum membuat konten, yaitu:
  • Kisaran usia berapa yang dimiliki pembaca kalian?
  • Apa profesi mereka?
  • Masalah / situasi apa yang mereka hadapi dan bagaimana kalian  dapat membantu mereka?
  • Apa minat mereka?
kalian pasti dapat memiliki daftar yang lebih lengkap untuk membangun versi pembaca kalian yang lebih sempurna. Semakin banyak detail yang kalian miliki, semakin mudah untuk berbicara dengan mereka yang membuat konten yang benar-benar bagus yang mereka butuhkan. Jika kalian menulis konten yang bagus, ada kemungkinan lebih besar bahwa orang-orang membagikan, menyukai, atau menautkan ke konten itu. Ini dapat membantu meningkatkan otoritas domain dan peringkat tertinggi di peringkat mesin pencari.

2. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci sangat penting untuk SEO. Menyimpan daftar beberapa jenis kata kunci yang merupakan kombinasi dari kata kunci pendek, bernilai tinggi dan kurang kompetitif. Kata kunci berekor pendek cenderung memiliki volume pencarian yang lebih tinggi, tetapi juga lebih sulit untuk diklasifikasikan dan lebih sulit untuk menentukan dengan tepat apa yang diinginkan pembaca. Adapun kata kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik, kalian dapat dengan mudah mengukur maksud pencarian kalian dan menyediakan ruang untuk konten bagi pembaca kalian, bahkan jika jumlahnya lebih sedikit (setidaknya dalam Perencana Kata Kunci Google).

Sejak Google meluncurkan pembaruan Hummingbird pada 2013, mesin pencari menjadi lebih pintar dari sebelumnya. Memahami konteks, sinonim, idiom, dan frasa yang berubah. Karenanya, jika kalian menggunakan kata kunci yang benar berulang kali, kalian juga dapat menggunakan kata kunci LSI untuk membantu kalian membuat konten yang lebih kaya yang masih relevan.
Saat memilih kata kunci LSI, ada beberapa poin utama yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
  • Apakah volume pencarian cukup besar untuk menarik pembaca?
  • Apakah kata kunci terkait dengan konten yang kalian buat?
  • Apakah lebih baik menjadi kata kunci mandiri untuk konten lain atau hanya layak menjadi kata kunci yang menyertai?
  • Apakah ini sesuatu yang akan relevan bagi pembaca dan kata kunci utama dalam jangka panjang?

3. Gunakan Struktur yang Jelas

Tidak hanya untuk SEO tetapi juga untuk pembaca kalian, gunakan struktur yang jelas dengan cara yang mudah dimengerti untuk setiap posting blog. Prinsip dasar penulisan selalu dimulai dengan pengantar dan tautan untuk pembaca.

Bagikan poin utama kalian di bagian terpisah menggunakan tajuk dan subtitle. Pastikan juga tema tersebut disorot, sehingga pembaca kalian dapat dengan mudah memindai dan berhenti membaca informasi yang benar-benar mereka cari.

Kata kunci, jangan pernah lupa kata kunci, saya tahu ini terdengar seperti catatan yang rusak tetapi kalian membutuhkan kata kunci untuk SEO. Gunakan kata kunci kalian dalam setidaknya satu subjek, beberapa mengatakan itu tidak penting karena Google sangat mahir dalam memahami bahasa seperti manusia.

Jaga agar bagian kalian singkat. Kebanyakan blogger mengatakan bahwa batas 300 kata adalah tujuan yang baik untuk diambil. Singkat tapi solid, itulah tujuan kalian.

Terakhir, tulis kesimpulan untuk blog kalian. Sertakan peluang konversi, seperti tautan ke halaman kontak kalian, di kesimpulan kalian. Atau rekomendasikan publikasi serupa lainnya untuk dibaca.

4. Tulis Paragraf Pendek

Jika kalian ingin posting blog kalian mudah dibaca, kalian harus menulis paragraf pendek. Ini benar bahkan jika kalian menulis tentang subjek yang sangat teknis. Adalah tugas kalian sebagai blogger untuk membagi ide-ide rumit sehingga mudah bagi siapa pun untuk memahaminya.

Paragraf pendek membuat setiap poin menjadi jelas dan mudah dipahami. Tidak ada yang mau membaca posting seperti makalah. kalian juga harus mempertimbangkan perangkat yang digunakan pembaca. Jika mereka mengakses posting blog mereka di ponsel, sebagian besar teks akan melukai kepala mereka. Namun, karena kalian menulis paragraf pendek, itu tidak berarti kalian harus menulis posting blog pendek.

5. Tulis Posting Blog Panjang

Ini adalah subjek yang telah diperdebatkan berulang kali di antara blogger. Beberapa berpendapat bahwa posting blog pendek lebih tepat untuk kurangnya perhatian orang. Yang lain berpendapat bahwa posting panjang di blog lebih ramah SEO. daripada  mengkhawatirkan jumlah kata, fokuslah pada kualitas. Posting blog tentang topik umum mungkin relatif singkat. Tetapi yang lain harus lebih banyak.

kalian harus menulis campuran posting blog pendek dan tematik dan posting blog "Evergreen". Posting blog yang selalu hijau mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Ini adalah publikasi yang mungkin mendapat peringkat tinggi dalam pencarian. Konten evergreen kalian harus memiliki lebih dari 2000 kata. Ini harus mencakup topik sempit secara umum, memberi nilai besar pada pembaca. Pencarian niche dan antrian panjang akan memprioritaskan konten ini, tetapi juga bisa menjadi magnet untuk backlink dan sumber daya bersama.

Habiskan waktu kalian dengan konten blog kalian. Konten luar biasa bukanlah sesuatu yang biasanya dapat ditulis di istirahat makan siang. kalian ingin menyematkan gambar, grafik, video dan bahkan elemen interaktif untuk membagi teks menjadi posting blog yang panjang. kalian juga dapat membuat daftar isi di bagian atas posting blog panjang kalian untuk membuatnya lebih mudah

Pembaca menavigasi. Ini juga dapat membantu mesin pencari menavigasi halaman. Posting blog memiliki rata-rata 1142 kata dan lebih dari 85% konten online memiliki kurang dari 1.000 kata. Menulis posting panjang di blog memberi kalian peluang untuk meningkatkan SEO.

6. Tautan Internal dan Eksternal

Tautan (atau hyperlink) adalah objek pada halaman web yang membawa pengguna dari satu halaman ke halaman lainnya. Mereka juga dapat dikalibrasi untuk membuka halaman di jendela browser baru. Saat mempertimbangkan posting blog, ada tiga jenis tautan: internal, eksternal, dan inbound. Tautan internal (kadang-kadang disebut "backlink") adalah tautan di situs web orang lain yang masuk ke situs kalian.

Kalian tidak memiliki banyak kendali atas ini, tetapi memang ada beberapa strategi backlink yang dapat membantu. Seringkali, menulis konten berkualitas adalah cara terbaik untuk mendapatkan backlink. Ini harus menjadi salah satu prioritas utama kalian. Tautan internal dan eksternal adalah dua jenis tautan yang dapat kalian kontrol. Berikut cara menggunakannya:

Tautan Internal

Tautan internal pada dasarnya berarti menautkan hanya ke halaman yang ada di dalam situs web kalian. Ini adalah tautan dari posting blog kalian ke posting blog kalian yang lain, atau ke halaman lain di situs web kalian. Wikipedia adalah contoh situs ahli dalam hal tautan internal.

Memiliki struktur tautan internal yang baik juga dapat membantu mesin pencari untuk menavigasi situs web kalian dengan lebih mudah selain mendistribusikan otoritas halaman dan kekuatan peringkat secara merata di seluruh situs web kalian.

Tautan Eksternal

Tautan eksternal adalah hyperlink yang mengarah ke domain lain (yaitu, situs web lain). Mereka penting karena beberapa alasan:
  • Kalian mungkin (atau mungkin tidak) mendapatkan tautan kembali dari situs web yang kalian tautkan, jika itu masalahnya; ya lebih baik banyak backlink!
  • kalian memberikan nilai lebih kepada pembaca kalian dengan memberi mereka sumber daya yang lebih berharga
  • Industri umumnya percaya mesin pencari menghargai praktik itu
  • Tautan eksternal diperlukan untuk mengutip pihak ketiga, yang sebenarnya membuat konten kalian tampak lebih kredibel
Beberapa tempat yang cocok untuk membuat tautan eksternal termasuk ketika kalian menggunakan statistik, kalian harus menautkannya kembali, setidaknya untuk menunjukkan rasa hormat terhadap upaya mereka. Kalian dapat memiliki daftar kredit di akhir posting blog kalian, tetapi cara yang lebih alami adalah dengan hanya menautkannya dengan teks yang sesuai ketika disebutkan.

7. Perhatikan Atribut SEO

Setiap halaman di situs web kalian memiliki atribut yang harus diisi. Jika kalian menggunakan CMS seperti WordPress, kadang-kadang, mereka akan mengisinya untuk kalian. Tetapi jauh lebih baik untuk SEO jika kalian dapat mengisi semua atribut itu sendiri, untuk memastikan bahwa itulah yang benar-benar kalian inginkan, dan tentu saja untuk SEO yang lebih maksimum.

Beberapa atribut ini bersifat teknis sehingga kalian mungkin memerlukan bantuan pengembang web, jika kalian tidak akrab dengan sistem manajemen konten. Atau kalian dapat menggunakan bantuan beberapa tambahan CMS.

Judul SEO

Judul SEO adalah judul yang akan muncul di hasil mesin pencari. Ini terpisah dari judul blog kalian, meskipun sering identik. Jika kalian memiliki judul blog dan judul SEO yang berbeda, mesin pencari akan selalu membaca dan menampilkan judul SEO di halaman hasil pencarian.

Kata kunci utama kalian harus selalu menjadi bagian dari judul SEO, ada yang mengatakan itu harus terletak di bagian depan informasi utama, dan sebenarnya tidak ada salahnya melakukan hal itu sama sekali. Cobalah untuk membuatnya relatif singkat, terkadang judul yang panjang terpotong di halaman hasil pencarian. 

URL

Jika kalian bertanya "Apa URL itu?" Lihat saja di mana dikatakan "https" di browser web. Itu adalah merupakan URL.
URL adalah singkatan dari "Uniform Resource Locator," yang benar-benar hanya cara mewah untuk mengatakan alamat halaman tertentu di internet. Sebagian besar sistem manajemen konten akan menghasilkan URL posting blog kalian secara otomatis. Biasanya, itu akan cocok dengan judul SEO kalian, alasan lain mengapa judul SEO kalian tidak boleh terlalu panjang. URL kalian harus memasukkan kata kunci utama. 

Namun, kalian mungkin perlu menyesuaikan URL kalian tergantung pada situs web. Jika memposting beberapa konten baru setiap hari, seperti situs berita, mungkin lebih masuk akal untuk mengelompokkan URL kalian secara berbeda. Misalnya, kalian dapat mengatur URL berdasarkan topik atau kategori, atau menurut tanggal pengirimannya.

Beberapa situs berita hanya menghasilkan string angka acak. Apa pun yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian. Namun satu aturan, selalu lebih baik untuk memiliki URL yang dengan jelas menunjukkan halaman tentang apa dalam sekejap. Memiliki kata kunci bertarget di URL kalian merupakan nilai tambah, mesin pencari akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa halaman web  jika dinyatakan dengan jelas, seperti halnya pengunjung manusia, ketika mereka memahami halaman web kalian lebih baik, mereka akan memberi peringkat lebih baik.

Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah sinopsis singkat dari posting blog kalian, atau lebih mudah diidentifikasi sebagai deskripsi pendek yang muncul di bawah judul SEO dan URL kalian di halaman hasil pencarian. Deskripsi meta dapat memainkan peran besar dalam menarik seseorang untuk memeriksa posting kalian. Jadi, kalian ingin mengingatnya saat menulis deskripsi meta. Ketika seseorang mencari kata kunci yang kalian targetkan, apa yang mereka butuhkan? Itu harus menjadi konten dan kata kunci menarik untuk dipamerkan pada deskripsi meta kalian untuk mendapatkan tingkat klik yang tinggi.

Tag Canonical

Tag Canonical memberi tahu mesin pencari untuk memperlakukan halaman atau posting blog itu sebagai "salinan utama". Dengan kata lain, jika ada duplikat halaman di situs kalian, mesin pencari tidak akan menghukum kalian karenanya.

Kebanyakan blogger tidak akan menyalin dan menempelkan sesuatu yang mereka tulis ke halaman lain. Namun Google masih menyarankan kalian membuat tag canonical untuk setiap halaman dan posting blog, untuk berjaga-jaga.

Dan jika kalian melakukan posting tamu atau mensindikasikan posting blog kalian di situs kurasi konten seperti Medium, kalian benar-benar perlu mengatur tag kanonik untuk memperjelas bahwa semua tautan atau otoritas halaman harus diarahkan ke karya asli kalian.

Tag H1

Tag H1 adalah salah satu yang paling penting, jika bukan atribut SEO paling penting pada posting blog kalian. Mesin pencari akan merayapi tag ini untuk menentukan tentang apa posting kalian. Ini secara langsung mempengaruhi bagaimana posting blog kalian muncul di mesin pencari. Tag H1 biasanya akan menjadi judul posting blog kalian. Seperti judul SEO, pastikan untuk memasukkan kata kunci bertarget, dan tetap menarik untuk mendapatkan klik.

Alt Tags (juga dikenal sebagai "alt attributes")

Alt tag adalah potongan teks tersembunyi yang menyertai setiap gambar. Anggap saja sebagai deskripsi singkat dari gambar kalian. Apa yang mereka lakukan adalah, mereka membantu pengunjung dengan teknologi membaca layar memahami gambar di situs. Biasanya, orang yang menggunakan teknologi ini tunanetra atau memiliki cacat lain. Jadi satu-satunya cara mereka dapat memahami suatu gambar, adalah dengan mesin yang membaca tag alt.

Itulah yang saya maksud ketika saya mengatakan bahwa tag perlu menjelaskan apa yang ada di gambar. Tag ini adalah alat penting untuk membuat posting blog kalian dapat diakses. Mesin pencari akan menghukum kalian jika gambar kalian tidak ada tag alt. kalian dapat menambahkannya melalui sistem manajemen konten (CMS) kalian.

Seperti semua hal SEO, kalian dapat memasukkan kata kunci dalam tag kalian juga, tetapi itu tidak benar-benar direkomendasikan. Sementara kata kunci dapat membantu kalian menentukan cara menulis teks alt ramah SEO untuk gambar, jangan lupa tujuan asli teks alt. Memasukkan kata kunci ke dalam teks alt kalian tidak akan banyak berpengaruh pada peringkat kalian. Sebagai gantinya, gunakan beberapa kata untuk menggambarkan gambar untuk pengunjung kalian. Yang mengatakan, jika masuk akal untuk menambahkan kata kunci dalam teks alt kalian.

8. Posting ke Blog Kalian Secara Teratur

Bahkan jika kalian telah membuat beranda terbaik, kalian harus menulis posting blog yang rutin jika kalian ingin peringkat dalam hasil pencarian. Jika memungkinkan, perbarui blog kalian beberapa kali setiap minggu. Bisakah kalian menulis blog setiap hari? Maka itu lebih baik !

Pastikan kalian tidak mengorbankan kualitas untuk kuantitas. Sebuah blog yang sering diperbarui dengan posting segar dan berkualitas tinggi akan membuat mesin pencari senang.

Kesimpulan: Menulis Posting Blog yang Ramah SEO

Mendapatkan peringkat SEO tinggi untuk posting blog kalian bisa memakan waktu lama. Faktanya, 55% dari domain di 3 pertama berumur lebih dari 10 tahun. Tetapi mendapatkan hasil pencarian terbaik dapat berarti penghasilan nyata untuk bisnis kalian. Situs yang terdaftar pada halaman pertama hasil pencarian Google menerima 91,5% dari semua lalu lintas organik melalui mesin pencari.