Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Copy Cd / Dvd Yang Diproteksi

Assalamualaikum anaksmanda, alhamdulillah kali ini saya akan membagikan tip tentang Software, Pada suatu kesempatan, kadang-kadang kita ingin menyalin / menyalin / memindahkan isi CD baik dalam bentuk CD film atau CD tutorial ke beberapa CD atau pindah ke flash disk atau komputer. Namun ternyata, setelah dicoba berulang kali CD film / tutorial tidak dapat disalin.

Ini sebenarnya sangat baik untuk produser / penerbit sehingga pekerjaan mereka tidak mudah dibajak / disalin oleh orang lain. Namun sayangnya, bagi orang miskin yang tidak mampu membeli CD asli mereka, mereka terpaksa menyalin isi CD dengan harga miring. Memang ini pelanggaran, tapi apa yang bisa saya lakukan ?? Jika harga yang dijual murah dan berkualitas, tentu mereka juga akan lebih suka membeli yang asli daripada membajak.

Seringkali kita menemukan ada CD yang tidak dapat diduplikasi, baik disalin ke hard drive komputer, flash disk, disalin langsung ke CD lain atau dibuat menjadi file virtual (iso, mdf). Sayang, walaupun konten CD-nya bagus dan kami tidak mau ketinggalan memilikinya! Bagaimana bisa?

Cara copy CD yang diproteksi Kita gunakan aplikasi pembantu yaitu IsoBuster. Silahkan pembaca unduh softwarenya di http://www.isobuster.com/ atau di situs yang lain. Setelah didapat, install dan jalankan aplikasi.


  1. Masukkan CD tutorial/ film terprotek yang akan dicopy. Isi CD akan terlihat. Jika kita bandingkan tampilan isi menggunakan IsoBuster dengan Windows Explorer, ada beberapa file/ folder yang tersembunyi. Akan terlihat file/ folder tersebut menggunakan IsoBuster. Kami contohkan dalam hal ini CD tutorial.
  2. Jika terdapat beberapa CD yang muncul, cari CD yang ada isinya. Untuk mengcopynya, klik kanan CD atau foldernya pilih Extract. Pilih direktori dimana isi CD akan dicopy. Tunggu sampai proses berjalan.
  3. Jika ketika proses berjalan kemudian muncul tampilan seperti berikut. Klik Quit untuk melanjutkan kembali dan melewati file yang gagal dicopy. Atau jika tidak mau repot-repot klik tombol Quit satu persatu, cek tanda Quit All [Abort and skip each file with errors]. File yang gagal dicopy tersebut sebetulnya file yang digunakan untuk memproteksi CD, biasanya berekstensi .imp. Maka tidak jadi masalah jika file tersebut tidak disertakan.
  4. Maka CD tersebut berhasil dicopy, untuk megeceknya silahkan coba video atau aplikasi CD barangkali terjadi kesalahan. Jika terjadi kesalahan kemungkinan ada file/ folder yang tertinggal (kurang lengkap).