Cara Mudah Budidaya Jagung Manis


Jagung manis bisa ditanam di dataran tinggi dan dataran rendah. Tanah yang baik untuk menanam jagung manis adalah tanah gembur dan subur dengan tingkat keasaman 5,6.

Kondisi lahan untuk penanaman jagung manis lebih bagus jika terbuka, karena membutuhkan banyak sinar matahari, tidak tergenang air. Pada musim kemarau sebaiknya ditanam di sawah tadah hujan yang airnya sedikit, dan pada musim hujan lebih baik ditanam di lahan kering atau kering. Untuk 1 hektar lahan dibutuhkan sebnyak 7 Kg bibit jagung manis.

Pengolahan Lahan

Bersihkan area dari gulma dan jerami yang tidak berguna, potong tanah sedalam 30-40 cm, buat garitan dengan jarak antara garitan 80 - 90 cm. Taburkan pupuk organik seperti kotoran ayam, kotoran kambing atau sejenisnya, 5-10 ton / ha.

Penanaman Jagung dan Perawatan Penanaman

Tanam benih jagung manis dengan cara potong atau gali, taburkan furadan (insektisida) di atas benih sebanyak 0,5 gram per tanam, dan taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang.
Berikut langkah dalam melakukan penanaman bibit jagung :
  1. 7-15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, dengan pupuk ZA 150 kg per hektar, SP - 36300 kg / ha, bila perlu disemprot dengan PPC / insektisida nabati.
  2. 25-30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan dan penggalian, bila perlu taburkan IgFur dan 3G pada titik tumbuh kira-kira 5 bibit kecil per tanaman dan semprot dengan PPC.
  3. Pemupukan 40 - 45 hari setelah tanam dengan semprotan KCL atau KNOɜ jika terdapat hama yang telah melebihi ambang batas ekonomis.
  4. 50-55 hari setelah tanam dan lakukan penyemprotan pada ketiak daun bila perlu. Pada titik ini, cobalah untuk tidak mengganggu lahan, karena ini akan mengganggu proses persarian
  5. Waktu panen 75 - 80 hari setelah tanam  

 Proses Panen

Panen jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Udara panas cenderung mengurangi gelembung pada biji jagung. Untuk menjaga kadar gula lebih lama setelah panen dari kebun, Anda harus segera masukkan ke ruangan dingin bersuhu 1 - 5 0 C. Ini akan menjaga salinitas jagung hingga 10 hari. Paling baik jika Anda merawatnya secara khusus setelah panen. Jagung segera diangkut ke gudang atau ruangan, didinginkan dan segera disortir dan dikemas dengan plastik ropi film. Plastik ini berfungsi sebagai pelindung kelembaban, mencegah kehilangan air dan memperpanjang kesegaran jagung manis