Mengenal PHP, Pengembangan Web Untuk Konten Dinamis

anaksmanda.com - PHP Hypertext Pre-Processor (PHP) adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan pengembang web membuat konten dinamis yang berinteraksi dengan basis data. PHP terutama digunakan untuk mengembangkan aplikasi perangkat lunak berbasis web.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui tentang PHP:

  1. PHP adalah singkatan rekursif dari "PHP: Hypertext Preprocessor".
  2. PHP adalah bahasa skrip sisi server yang dibangun ke dalam HTML. Ini memungkinkan kalian untuk mengelola konten dinamis, basis data, sesi, dan bahkan membuat semua situs e-commerce.
  3. Terintegrasi dengan sejumlah database populer, termasuk MySQL, PostgreSQL, Oracle, Sybase, Informix, dan Microsoft SQL Server.
  4. PHP menyenangkan untuk dipelajari, terutama ketika dikompilasi sebagai modul Apache di sisi Unix. Server MySQL, ketika menjalankan query yang sangat kompleks.
  5. PHP mendukung sejumlah besar protokol utama seperti POP3, IMAP dan LDAP. PHP4 dan dukungan tambahan untuk arsitektur objek Java dan didistribusikan (COM dan CORBA)
  6. Sintaks PHP hampir mirip dengan pemrograman C

Penggunaan umum PHP:

  1. PHP menjalankan fungsi sistem, yaitu file sistem yang dapat dibuat, dibuka, dibaca, ditulis, dan dihapus.
  2. PHP dapat menangani formulir, misalnya mengumpulkan data dari file, menyimpan data ke file, melalui email yang dapat kalian kirimkan menjadi data, mengembalikan data ke pengguna.
  3. Menambahkan fitur hapus, ubah elemen database kalian melalui PHP.
  4. Akses variabel cookie dan set cookie.
  5. Dengan menggunakan PHP, kalian dapat membatasi pengguna untuk mengakses beberapa halaman situs web kalian.
  6. Dapat mengenkripsi data.

Karakteristik PHP :

Lima karakteristik penting yang terdapat dalam PHP:
  1. Kesederhanaan
  2. Efisiensi
  3. Keamanan
  4. Fleksibilitas
  5. Keakraban
Untuk mencoba belajar PHP, mulailah dengan skrip PHP sederhana. seperti pembuatan "Hello, World". Sebagai contoh, pertama-tama kita akan membuat kata "Hello World!" dengan script php. Seperti yang disebutkan sebelumnya, PHP terintegrasi dengan HTML. Artinya antara HTML normal kalian (atau XHTML jika kalian up to date) kalian akan bisa memulai dengan script PHP seperti dibawah ini:
Jika kalian memeriksa output HTML dari contoh di atas, kalian akan melihat bahwa kode PHP tidak terdapat dalam file yang dikirim dari server ke browser web kalian. Semua PHP ada di Web halaman diproses dan dihapus dari halaman; satu-satunya yang kembali ke pelanggan dari Server web adalah output HTML murni.

Sekian pembahasan kita tentang Mengenal PHP, Pengembangan Web Untuk Konten Dinamis, untuk lanjutan pembahasan silahkan simak pada artikel berikutnya.