Konsep Dasar Dalam PHP


anaksmanda.com - Setelah sebelumnya kita membahas tentang Mengenal PHP sebagai pembuat konten dinamis, berikut ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang  konsep-konsep dasar dalam PHP. Untuk pembahasan selanjutnya kita akan mulai dengan PHP Environment Setup pada pembelajaran kalian dan kemudian kita akan menggali hampir semua konsep yang berkaitan dengan PHP untuk membuat kalian nyaman dengan bahasa PHP.

Pengaturan Umum dalam PHP

Untuk mengembangkan dan menjalankan halaman Web PHP, ada tiga komponen penting harus diinstal pada sistem komputer kalian.

Web Server

PHP akan bekerja dengan hampir semua perangkat lunak Server Web, termasuk Server Informasi Internet (IIS) Microsoft, tetapi yang paling sering digunakan adalah Server Apache yang tersedia secara bebas. Silahkan download Apache secara gratis di sini: http://httpd.apache.org/download.cgi

Database

PHP akan bekerja dengan hampir semua perangkat lunak basis data, termasuk Oracle dan Sybase tetapi yang paling umum digunakan adalah basis data MySQL yang tersedia secara bebas. Silahkan download MySQL secara gratis di sini: http://www.mysql.com/downloads/index.html

PHP Parser

Untuk memproses instruksi skrip PHP, parser harus diinstal untuk menghasilkan output HTML yang dapat dikirim ke Browser Web. Tutorial berikut ini akan memandu cara menginstal parser PHP di komputer kalian.

Instalasi Parser PHP:

Sebelum kalian melanjutkan, penting untuk memastikan bahwa kalian harus memiliki pengaturan tempat yang tepat pada situs untuk mengembangkan program web menggunakan PHP.

Ketikkan alamat berikut ke dalam kotak alamat browser kalian. 
http://127.0.0.1/info.php 
Jika ini menampilkan halaman yang menunjukkan informasi terkait instalasi PHP, itu berarti kalian telah menginstal PHP dan Webserver dengan benar. Jika tidak, kalian harus mengikuti prosedur yang diberikan untuk menginstal PHP di komputer.