Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing Pada Windows

anaksmanda.com - Kalian mungkin belum familiar dengan istilah BOOTMGR. BOOTMGR adalah singkatan dari Boot Manager, yang termasuk dalam sistem file yang bertanggung jawab untuk mem-boot Windows, mulai dari Windows Vista, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10. Selain itu, Boot Manager juga bertanggung jawab untuk semua sistem operasi yang dimiliki Microsoft.

Pesan BOOTMGR ini biasanya  pasti terkait dengan proses booting atau loading notebook atau komputer kalian sebelum mengakses layar utama sistem operasi. Namun terkadang ada masalah di mana kalian akan menemukan pesan yang mengatakan BOOTMGR is Missing. Pesan ini biasanya muncul ketika kalian ingin menginstal ulang sistem operasi Windows.

Berikut akan kami jelaskan langkah-langkah mengatasi Bootmgr is Missing Pada windows :

Cara 1 - Setting Bios

  1. Restart dulu komputer/laptop Anda dan tekan tombol F2 atau Fn+F2 (tergantung jenis laptop/versi BIOS). Maka akan muncul layar BIOS kurang lebih seperti gambar dibawah ini.
  2. Setelah itu, buka tab Boot. Pastikan posisi harddisk berada pada posisi paling atas. Jika tidak, pindahkan ke posisi pertama/atas dengan menekan F5/F6 atau tanda -/+ pada keyboard

  3. Lalu Tekan F10 Untuk menyimpan konfigurasi

  4. Selesai maka notebook / komputer kalian akan restart dan otomatis masuk ke windows seperti biasa. tetapi apabila masih muncul pesan BOOTMGR is Missing setelah melakukan langkah diatas maka silahkan coba menggunakan cara kedua mengatasi BOOTMGR is Missing Pada Windows.

Cara 2 - Melakukan Perbaikan Master Boot Record (MBR)

Untuk melakukan perbaikan MBR, kalian harus menggunakan flashisk  yang berisi Installer Windows. Jadi kalian membutuhkan setidaknya 1 flashdisk minimal 8 GB untuk digunakan sebagai media yang bisa di buat booting windows. Kalian juga memerlukan file ISO Windows untuk disalin ke flashdisk. Misalnya laptop kalian menggunakan Windows 10, jadi kalian perlu menyiapkan file ISO Windows 10 pula. baiklah jika semua keperluan diatas sudah dipersiapkan mari kita lanjut ke langkah berikutnya :
  1. Pada cara ini kita menggunakan fitur Auto Repair pada file boot windows, Masukkan Flashdisk yang sudah berisi file iso windows lalu lakukan booting seperti akan menginstall ulang.
  2. Pada jendela Windows Setup, pilih Next
  3. Lalu Pilih Repair Your Computer
  4. Pilih Troubleshoot
  5. Pilih Advanced options.
  6. Terakhir pilih Startup Repair dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Jika kedua cara di atas masih tidak menyelesaikan masalah BOOTMGR is Missing, silakan kalian install ulang Windows. Tetapi jangan khawatir, menginstal ulang Windows tidak berarti semua data kalian akan hilang, hanya partisi C: yang harus dan mau tidak mau diformat sementara partisi lainnya tetap aman.