Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer Not Responding pada Windows

anaksmanda.com - Windows Explorer adalah aplikasi perangkat lunak yang merupakan bagian integral dari berbagai versi sistem operasi Microsoft Windows yang menyediakan antarmuka grafis bagi pengguna untuk mengakses sistem file (baik sistem file disk atau sistem file jaringan). Komponen Windows inilah yang menyajikan antarmuka pengguna pada monitor dan memungkinkan pengguna untuk mengontrol komputer yang menjalankan sistem operasi Windows. Windows Explorer juga kadang-kadang disebut shell GUI Windows atau hanya "Explorer".
 
Perlu kalian ketahui bahwa Windows Explorer merupakan salah satu software yang tidak dapat dipisahkan dari sistem operasi Windows. Artinya software ini memang merupakan bagian dari sistem operasi Windows. Dengan Windows Explorer, pengguna dapat dengan mudah mengakses file, baik itu sistem file disk atau sistem file jaringan. Ada juga yang menjelaskan bahwa Windows Explorer merupakan wadah yang memiliki kapasitas tertentu. Wadah ini digunakan untuk menyimpan bahan dan file yang sering kita butuhkan. Di Windows Explorer, Anda dapat melihat berbagai file, baik itu audio, video, atau gambar yang disimpan di sana. Semua file ini berada dalam satu wadah yang disebut Windows Explorer. Dengan kata lain, Windows Explorer adalah lokasi penyimpanan berbagai file didalam windows kalian. Berbeda dengan hardisk karena hardisk merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan.
 
Windows Explorer menyediakan antarmuka grafis yang dapat digunakan pengguna untuk mengakses file. kita dapat mengakses berbagai jenis file dan folder di Windows Explorer dengan mudah. Oleh karena itu, keberadaan Windows Explorer sangat penting karena jika tidak ada maka kita akan kesulitan ketika ingin mengakses file atau folder di komputer atau laptop. tetapi ada kalanya terjadi error pada windows explorer, dimana tiba tiba mendadak muncul pemberitahuan windows explorer not responding yang muncul di antarmuka desktop. Untuk hal itu kalian tidak perlu panik karena mengatasi nya cukup mudah. silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

CaraMengatasi Windows Explorer Not Responding pada Windows

  1. Pertama tekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + Esc untuk membuka menu Task Manager. lalu pilih Windows Explorer.
  2. Setelah itu klik kanan kemudian pilih End Process
  3.  Setelah itu masuk ke menu File > Run New Task
  4.  Ketik explorer dan pilih OK. Maka Windows Explorer akan melanjutkan operasi normal kembali.
Sekian Cara Mengatasi Windows Explorer Not Responding pada Windows yang bisa kalian terapkan saat ini. Selamat mencoba dan mudah dipahami!