Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet Pada Windows

anaksmanda.com -
Setiap tahun penggunaan WiFi cenderung meningkat. Hal ini tidak terlepas dari kebutuhan WiFi yang semakin meningkat di masyarakat. Alasan kita menggunakan koneksi Wifi karena membuat kita lebih hemat daripada harus menggunakan paket data. Selain itu, koneksi juga biasanya lebih cepat, meskipun tidak semua mempengaruhi hal ini.
 
Namun terkadang WiFi yang kita gunakan bermasalah atau error. Salah satu gangguan WiFi ini membuat koneksi menjadi lambat. Sinyal WiFi juga terkadang tiba-tiba mengecil dari kondisi biasanya. Jika ya, maka Anda perlu memahami cara memperkuat sinyal WiFi. Selain masalah tersebut, ada satu masalah lagi yang bisa membuat Anda semakin frustrasi.
 
Masalah yang biasanya dihadapi pengguna adalah tidak dapat mengakses internet meskipun terhubung ke jaringan Wifi. Di sisi lain, WiFi yang Anda gunakan tidak memiliki masalah lampu indikator menyala. berikut kami jelaskan terlebih dahulu penyebab Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet Pada Windows 

Penyebab Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet Pada Windows

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab WiFi di komputer atau laptop tidak bisa digunakan untuk mengakses internet. Meskipun Anda belum pernah mengalami masalah seperti ini sebelumnya dan Anda dapat menggunakan koneksi internet untuk mendapatkan berbagai informasi.

1. Ada batasan jumlah pengguna

Dalam beberapa kasus, administrator jaringan atau sebut saja pemilik WiFi dapat membatasi jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan WiFi mereka. Misalnya hanya 10 pengguna/perangkat yang terhubung yang diperbolehkan, dan ketika ada pengguna kesebelas yang ingin terhubung ke jaringan WiFi (walaupun dia tahu kata sandinya), dia tetap tidak bisa, bahkan jika bisa terhubung, dia tetap tidak bisa mengaksesnya.

2. Driver Wi-Fi

Penyebab WiFi terhubung tapi tidak bisa mengakses Internet biasanya karena driver WiFi bermasalah. Driver merupakan bagian yang sangat penting karena akan berperan dalam menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi.

Jika pengontrol WiFi di komputer atau laptop kita mengalami masalah, kemungkinan besar kita tidak dapat mengakses Internet. Oleh karena itu, masalah driver ini tidak bisa dianggap enteng, terutama beberapa driver yang berperan penting untuk kenyamanan penggunaan komputer atau laptop, salah satunya adalah driver WiFi.

3. Terkena Virus

Penyebab ketiga adalah karena serangan virus. Virus bisa menyerang kapan saja tanpa kita sadari. Virus dapat masuk melalui situs yang tidak dapat dipercaya. Jika virus sudah mulai menyebar di dalam komputer, dapat menyebabkan komputer atau laptop mengalami berbagai masalah. Salah satunya adalah komputer menjadi lambat atau driver WiFi tidak dapat digunakan.

4. Tagihan Belum Dibayar

Penyebab keempat juga bisa terkait dengan pembayaran WiFi. kalian mungkin sudah tahu bahwa ada tagihan bulanan untuk WiFi. kalian harus selalu membayarnya pada tanggal yang sudah ditentukan atau tanggal jatuh tempo. Jika ternyata kalian belum membayar tagihan, maka mungkin tidak akan dapat terhubung ke Internet. Oleh karena itu, ketika kalian mengalami masalah ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa tanggal berapa harus membayar tagihan WiFi.

Kondisi seperti yang dijelaskan diatas tentunya membuat kalian frustasi karena tidak bisa terhubung ke internet maka kita tidak bisa digunakan untuk mendownload atau melakukan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, silahkan untuk memahami cara mengatasi WiFi yang terhubung tetapi tidak dapat mengakses Internet dalam tutorial di bawah ini.

Cara 1 - Reset Pengaturan Network

  1. Pertama-tama, Kalian harus masuk ke menu pengaturan Windows dengan menekan tombol Windows + I. Kemudian pilih Network & Internet.
  2. Setelah itu, Scroll kebawah pilih Reset Network. Opsi ini digunakan untuk mengatur ulang pengaturan jaringan di laptop atau komputer kalian.
  3. Lalu pilih Reset Now

  4. Jika Anda mendapatkan peringatan seperti ini, pilih saja Yes. Setelah itu, coba sambungkan ke jaringan WiFi yang bermasalah, sekarang kalian dapat terhubung ke Internet.  
Demikianlah cara mengatasi Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet Pada Windows beserta faktor penyebab WiFi terkoneksi namun tidak bisa mengakses internet. Semoga berhasil dan selamat mencoba.