Mengenal AMP Blog, Fitur Akses Mobile Tercepat Dari Google

Beberapa orang mungkin sudah tahu apa itu AMP. Arti Google AMP (Accelerated Mobile Page) adalah fitur Google yang dapat dengan mudah diterapkan ke situs web pribadi kalian. Keunggulan fitur AMP memungkinkan kalian mengakses konten situs web dengan lebih cepat. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs web dengan fitur AMP.

Dalam pengoperasian fitur Google AMP, esensinya hampir mirip dengan Instant Article Facebook. Namun, fitur Google AMP digunakan pada platform yang berbeda. Di Facebook, Artikel Instan menggunakan platform multimedia umum dalam bentuk Facebook, berbeda dengan Google AMP yang menggunakan mesin pencari Google sebagai platform. Contoh situs yang memakai fitur Google AMP bisa kalian lihat pada hasil pencarian Google.

Apa itu AMP?

Berikut ini adalah penjelasan tentang istilah atau definisi AMP
  1. Istilah AMP berarti bahasa Inggris "Acelerated Mobile Page" jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "halaman ponsel yang dipercepat".
  2. Google AMP adalah proyek Google terbaru yang dikembangkan bersama para pakar teknologi melalui diskusi bersama untuk menciptakan inovasi baru, yang memungkinkan pengguna mengakses informasi lebih cepat melalui seluler.
  3. AMP HTML adalah struktur web yang dirancang seminimal mungkin untuk membuat halaman pemuatan yang lebih ringan dan lebih cepat.
  4. AMP diperkenalkan pada 7 Oktober 2015 pada akhir 2015 dan sepenuhnya dirilis pada 24 Februari 2016.
  5. AMP adalah aplikasi open source yang memungkinkan pengguna untuk mencari, mengedit, dan mendistribusikan secara bebas sesuai dengan kebutuhan mereka.

Secara teknis, di sini, fitur AMP akan menyimpan cache situs web terlebih dahulu. Dan cache ini nantinya akan dimuat ulang ke dalam browser, jadi tidak perlu mengunduh file beberapa kali untuk hanya membuka halaman web yang akan dibuka jika alamat yang sama ditemukan. Untuk membuat halaman Google AMP, kalian memerlukan tiga komponen utama.

1. AMP HTML

Di AMP, HTML adalah bab HTML untuk konten artikel yang menyerupai gosip dan lainnya. AMP HTML terdiri dari tag khusus seperti amp-image, amp dan amp-video. Dalam struktur HTML AMP, penggunaan tag JavaScript, CSS, dan HTML diminimalkan. Cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog melalui fitur HTML AMP akan menunjukkan prioritas saluran melalui ponsel. Fitur HTML AMP termasuk mengatur gambar, mengurangi ukuran CSS atau kode HTML, dan mengimplementasikan CSS yang tertanam.

2. AMP JS

Memahami AMP JS adalah kerangka kerja dalam JavaScript yang bertujuan untuk mempercepat saluran melalui perangkat seluler atau smasrtphone dengan metode asinkron. Proses rendering pada halaman web ini akan lebih cepat dengan AMP JS. Namun, hal yang perlu kalian ingat, menggunakan JavaScript sendiri tidak dapat melakukannya dengan AMP. Baca juga: Blog dengan traffic tinggi mendapatkan artikel tentang penempatan konten.

3. AMP CDN

Saat ini adalah bahwa dukungan Google AMP akan menyimpan bentuk file situs web sehingga ketika diakses berulang kali, tidak perlu memulihkannya di server komputer. Cache akan diaktifkan ketika pengunjung mengakses situs web kalian atau membuka situs web yang sama. Jadi akses ini menjadi lebih cepat. Inilah yang menopang pelengkap fitur AMP yang membuatnya mudah untuk mengakses situs web kalian.

Apa Manfaat Menggunakan AMP?

Seperti yang kita baca di atas, tujuan utama AMP adalah untuk meningkatkan kecepatan memuat halaman di situs web atau blog. Kecepatan akses ke halaman web adalah impian setiap pengguna internet. Karenanya AMP sangat bermanfaat bagi pengunjung dan pengiklan.

Untuk pengunjung; Kita hanya menggunakan logika, jika kita adalah pengunjung, kita berharap dapat mengakses situs yang ingin kita kunjungi dengan cepat dan ringan. Dengan demikian, waktu yang kita gunakan untuk mendapatkan informasi yang kita cari tidak hilang sambil menunggu pemuatan situs. Jika kita mengunjungi situs dengan pemuatan rendah, kita juga dapat mencari informasi lain secara bebas tanpa khawatir kehilangan data di Internet.

Untuk penerbit iklan; Sejujurnya, jika kita, penerbit, tujuan utama kita adalah untuk menarik banyak pengunjung. Dengan memiliki situs web yang cepat, pengunjung lebih nyaman di situs kita . Mereka (pengunjung) tidak akan ragu untuk mendapatkan informasi yang kita terbitkan.