Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari oleh para penghoby ikan hias khususnya ikan hias air tawar. Ikan guppy merupakan jenis ikan tropis yang memiliki banyak varian jenis dan juga warna dengan berbagai coraknya  yang menawan, oleh sebab itulah ikan guppy memiliki tempat khusus dihati para penggemar ikan hias. Ikan guppy telah banyak ditemui diberbagai tempat di Indonesia, mulai dari got got, sungai sungai , dan juga toko ikan hias air tawar. Ikan guppy juga memiliki banyak julukan seperti ikan cere,ikan seribu,dan ikan guppy. 

Cara Merawat Ikan Guppy pun tidak terlalu sulit. Tidak seperti ikan maskoki yang  membutuhkan airrator untuk asupan oksigennya. Ikan guppy tidak memerlukan itu untuk merawatnya, tetapi sebagian para penghobi pasti menggunakannya untuk menjaga keadaan air aquarium tetap jernih dan semua yang ada di dalam aquarium tetap sehat ikan ikan maupun tumbuhan tumbuhannya.   


Bentuk indah dari ikan guppy lah yang membuatnya menjadi pilihan utama bagi para penghobi ikan hias dan aquascape. Dibanding ikan yang lain ikan ini lebih mudah dipelihara tanpa memerlukan peralatan khusus, cukup wadah dan air pastinya

1. Air

Semua ikan pasti memerlukan yang namanya air. Air untuk memelihara guppy sebaiknya diganti setiap dua kali sehari paling lama dua minggu sekali tergantung kejernihan air, semakin airnya jernih maka makin sehat pula ikan tersebut. 


Suhu yang aman pas bagi ikan guppy adalah 25 hingga 28 derajat celcius, dan juga dengan ph diantara 7 hingga 8. Biasana para penghobi ikan hias guppy akan mengendapkan air selama semalaman. Hal ini untuk meminimalisir zat berbahaa yang terkandung air, biasanya yang menggunakan air pam.

2. Wadah

Biasanya para penghobi pasti memelihara ikan hias guppy didalam aquarium untuk menikmati keindahannya. Aquarium yang digunakan boleh bermacam macam ukuran tergantung berapa banyak ikan yang mau anda pelihara lebih besar lebih baik. Contoh , aquarium dengan diameter 30X18X20 masih bisa memuat sekitar 5 sampai 8 ikan guppy.Hal ini agar guppy bisa berenang bebas tanpa desek desekan dengan guppy lainnya. 


Oksigen juga penting jadi jangan memaksakan membeli guppy dengan jumlah yang banyak akan tetapi aquarium yang anda miliki terlalu kecil. Menggunakan aerator atau gelembung udara juga bisa membantu untuk pasokan oksigen didalam aquarium guppy anda.

3. Makanan

Makanan untuk guppy sudah banyak dijual dipasaran mulai makanan olahan pabrik yang praktis seperti pelet dengan kisaran harga mulai dari Rp 3000 sampai dengan Rp 5000, pilihlah pelet yang halus halus biasananya dikemas dalam botol plastik kecil, dan bisa juga memberikan makanan alami.


Adapun makanan alami untuk guppy seperti jentik-jentik nyamuk, dan juga cacing sutra. Untuk cacing sutra sebaiknya anda memotongnya kecil kecil supaya guppy mudah memakannya. Walau agak sedikit ribet makanan alami sangat baik untuk pertumbuhan ikan guppy anda. Untuk memberikan makan sebaiknya dua kali sehari dengan porsi sedikit sedikit saja agar aquarium tidak cepat kotor. 


Biasanya ikan menghabiskan makanan dalam waktu 3 sampai 5 menit. Usahakan memberikan pakannya diselingi antara pakan buatan dan pakan alami, supaya ikan guppy anda tidak bosan.

4. Pemilihan indukan

Tahapan memilih indukan adalah tahap yang bisa dibilang susah gampang butuh kejelian dan kesabaran. Untuk mendapatkan anakan yang bagus dan berkualitas anda juga harus memilih indukan dengan kualitas bagus. Dalam memilih indukan ada beberapa point yang harus diperhatikan seperti usia indukan, pilihlah usia indukan yang telah berusia 4 bulan ini usia matang indukan baik jantan maupun betina. 


Lalu fisik, pilihlah indukan guppy yang memiliki fisik sehat seperti tidak ada bekas luka,sirip sirip utuh,dan tidak terdapat bercak putih(white spot). Pilihlah indukan guppy jantan yang memiliki warna cerah dan pilihlah indukan betina yang memiliki bentuk badan membulat.

5. Pemisahan indukan

Sebelum masuk ke proses pencampuran indukan, maka indukan ikan guppy yang sebelumnya telah dipilih harus dipisahkan dulu di kedua tempat yang berbeda. Pisahkan antara induk jantan dan betina secara terpisah. Selama indukan dalam tahap pemisahan ini tetaplah anda harus merawatnya agar guppy tetap fit ketika guppy  dipijahkan dan selalu rutin mengganti air wadah selama 3hari hingga 1minggu sekali dan yang pasti tetap memberi makan secara teratur.

6. Proses pemijahan

Mungkin ini adalah tahap yang paling mudah setelah ikan dibedakan antara jantan dan betina. Ikan gupp bisa langsung dimasukan begitu saja. Proses pemijahan ikan guppy memiliki langkah-langkah yang sangat simpel.


Yang diperlukan hanya  memerlukan  wadah berisi air bersih yang diendapkan dulu selama semalaman. Wadah yang digunakan bisa ember yang tidak sedang ataupun aquarium, semua yang bisa menampung air bisa dijadikan wadah pemijahan. Lalu masukan indukan dengan perbandingan 1:2, maksudnya satu untuk jantannya dan dua untuk betinanya atau bisa dengan memasukannya 1:1 untuk mendapatkan anakan yang sama persis seperti indukan ataupun mau dikimpoi silangkan juga bisa. Tetapi biasanya untuk mengawin silangkan tidak semudah mengawin yang sejenis.  


Caranya adalah masukan indukan betina terlebih dahulu pagi hari baru masukan indukan jantannya pada sore harinya. Proses pemijahan biasanya akan berlangsung selama seminggu sampai dua minggu lamanya. Biarkan mereka saling bercumbu, jika indukan betina sudah terlihat membunci perutnya makan segera pisahkan induk betina dari induk jantan. Dan taruh di tempat terpisah biasanya indukan akan mengandung selama satu bulan. Setelah itu segera pisahkan anakan dari indukan agar anakan tidak dimangsa oleh indukannya. 


Anakan ikan guppy yang baru lahir tidak perlu diberi makan selama kurang lebih dua sampai empat hari hal ini karena anakan masih memiliki sisa kuning telur yang terdapat diperutnya. Anakan ikan guppy bisa diberi makan kutu air dan bisa juga dengan kuning telur yang telah direbus. Berikan secara sedikit sedikit

Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy, artikel Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy, Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy, baca Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy, artikel Cara Mudah dan Praktis Budidaya Ikan Guppy

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel text

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel