Pengenalan HTML 5

1. Sejarah HTML 5

anaksmanda.com - HTML5  adalah sebuah  bahasa markah  untuk menstrukturkan dan menampilkan isi  dari  Waring Wera Wanua, sebuah teknologi inti dari  Internet. HTML5 adalah revisi kelima  dari  HTML  (yang pertama kali diciptakan pada tahun  1990  dan versi keempatnya, HTML4, pada tahun  1997) dan hingga bulan  Juni 2011  masih dalam pengembangan. Tujuan utama  pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi  HTML  agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti  oleh  mesin.

HTML5 merupakan salah satu karya  Konsortium Waring Wera Wanua  (World Wide Web Consortium, W3C) untuk mendefinisikan sebuah bahasa markah  tunggal yang dapat ditulis dengan cara HTML ataupun XHTML. HTML5 merupakan jawaban atas pengembangan HTML 4.01 dan XHTML 1.1 yang selama ini berjalan terpisah, dan diimplementasikan secara  berbeda-beda oleh banyak perangkat lunak pembuat web.

Kelompok Kerja Teknologi Aplikasi Web Hyperteks  (Web Hypertext Application Technology Working Group, WHATWG) mulai membuat standar baru ini pada tahun  2004 ketika Konsortium W3C sedang fokus pada pengembangan XHTML 2.0 di masa depan, sementara HTML 4.01 belum pernah diperbarui sejak tahun  2000. Sejak tahun  2009, W3C dan WHATWG bekerja sama dalam pengembangan HTML5 setelah W3C mengakhiri Kelompok Kerja Pengembangan XHTML 2.0. 

Meskipun HTML5 telah dikenal luas oleh para pengembang web sejak lama, HTML5 baru mencuat pada  April 2010  setelah  CEO Apple Inc.,  Steve Jobs, mengatakan bahwa dengan  pengembangan HTML5, "Adobe Flash  sudah tidak dibutuhkan lagi untuk menyaksikan video atau menyaksikan konten apapun di web ." 

2. Fitur Baru di HTML5

Pada bagian ini, Anda akan menemukan beberapa fitur baru yang besar yang HTML5 tawarkan. Pertama anda akan belajar tentang elemen semantik baru yang bertujuan untuk memberi  makna ke berbagai bagian dari suatu halaman Web modern: headers, footers, navigation bars, sidebars, dan sebagainya.

Unsur-unsur semantik baru yang disediakan HTML5 adalah:

<article> 
Unsur <article> digunakan untuk mendefinisikan item independen pada halaman yang dapat didistribusikan sendiri, seperti sebuah berita, posting blog, atau komentar.

<section> 
Elemen ini merupakan bagian dari sebuah dokumen atau aplikasi, seperti bab atau bagian dari sebuah artikel atau tutorial. Misalnya, bagian Anda baca sekarang bisa dikelilingi oleh elemen <section> di HTML5.

<nav> 
Ini adalah wadah untuk link navigasi utama pada halaman Web

<aside> 
Elemen baru ini dapat digunakan untuk menandai sebuah sidebar atau beberapa konten lainnya yangdianggap agak terpisah untuk konten sekitarnya. Contohnya adalah iklan

<hgroup> 
Dalam beberapa kasus, halaman, artikel, atau bagian mungkin memerlukan lebih dari satu pos, seperti di mana Anda memiliki judul dan subjudul.

<canvas> 
Unsur ini adalah salah satu aspek yang paling penting dariHTML5 karena memfasilitasi produksi grafik, permainan interaktif,aplikasi paint, dan grafis lain dengan cepat tanpa memerlukan plug-in eksternal sepertiAdobe Flash.

<audio> dan <video> 
Kedua unsur ini memungkinkan Developer Web untuk memasukkan konten multimedia tanpa bergantung padapengguna untuk memiliki browser tambahan plug-in diinstal

Setelah mempelajari materi ini diharapkan anda dapat memahami HTML5. Baiklah sekian dulu pembelajaran kita saat ini, tunggu artikel pembelajaran selanjutnya dari anaksmanda.com