Cara Hidup Sehat Ketika Menjadi Anak Kost

anaksmanda.com - Tahukah Kalian bahwa pola hidup sehat di kost bukan hanya soal makan dan tidur? Dekorasi kamar tidur dan pola pikir juga mempengaruhi kesehatan tubuh kalian saat berada di rumah sendiri. Untuk menjadi pelajar yang sehat tanpa membuat orang tua khawatir, perhatikan tips berikut ini:

1. Menata lingkungan

Kebanyakan anak di kost biasanya tinggal di kamar kecil. Di ruangan kecil ini kalian bisa istirahat, belajar dan mengatur suasana hati saat keluar ruangan. Salah satu strategi yang bisa kalian gunakan untuk menjalani hidup sehat dengan gaya boy-on-board adalah dengan menata ruangan dengan baik. Beberapa cara untuk melakukannya antara lain:
  1. Hiasi ruangan. Aktivitas ini akhirnya memotivasi kalian untuk menjaga jiwa tetap aktif sepanjang hari. kalian bisa menyertakan foto keluarga atau teman sebagai penyemangat.
  2. Sesuaikan pencahayaan. Belilah lampu yang dapat mengatur tingkat cahaya agar kalian tetap tenang dan nyaman di kamar tidur kalian .
  3. Jaga ruangan tetap bersih dan rapi. Kamar mandi yang berantakan akan membuat interior ruangan kalian terlihat seperti kapal yang karam. Hal ini bisa membuat kepala kalian semakin pusing.

2. Sarapan pagi secara teratur setiap hari.

Manfaat rutin sarapan setiap hari adalah menghemat energi sehingga kalian tetap fokus sepanjang hari. Memang sangat sulit untuk mengajak anak sarapan pagi, namun jika kalian mengikuti beberapa tips di bawah ini, kendala tersebut bisa diatasi.
  1. Makanlah irisan buah segar untuk sarapan untuk menghemat waktu persiapan sarapan dan bisa kalian bawa saat keluar rumah.
  2. Mulailah hari kalian dengan semangkuk sereal dan susu karena tidak perlu memasaknya terlebih dahulu.
  3. Buatlah telur dadar dan makanlah dengan roti sampai kalian mendapatkan protein dan karbohidrat.
Kebiasaan ini setidaknya bisa membantu kalian menjaga berat badan, karena melewatkan sarapan menyebabkan kalian makan lebih banyak di sore hari. Oleh karena itu, usahakan selalu sarapan setiap pagi untuk memulai hari yang sehat.

3. Sering-seringlah minum air putih

Secangkir kopi dapat membuat kalian tetap terjaga saat melakukan tugas ini. Namun, pastikan untuk minum banyak air juga. Faktanya, minum air putih dua kali lipat dibandingkan minuman lain. Cara ini bertujuan untuk menjaga kelembapan dan mengurangi rasa lelah akibat dehidrasi. Jika mengalami dehidrasi, kalian akan lebih mudah lelah dan sulit berkonsentrasi.