Cara Mudah Upload Video Youtube Menggunakan Smartphone

Dengan perkembangan teknologi di era digital, sekarang menjadi lebih mudah bagi pengguna, terutama pengguna perangkat Android Smartphone. Penggunaan berbagai aplikasi, terutama media publik, banyak digunakan, termasuk media seperti Youtube, yang kini semakin diminati.

Begitu banyak hal menarik yang bisa kita lakukan melalui aplikasi Youtube. Ini termasuk mengunggah video yang direkam di Youtube atau hanya mendistribusikan video rekaman hari ini untuk dilihat pengguna Youtube lainnya

Dari video yang telah kita rekam dan kemudian unggah melalui Youtube, kita dapat memperoleh penghasilan tambahan dalam bentuk pundi-pundi rupiah yang akan masuk ke akun kita, seperti apa yang sudah kalian ketahui beberapa orang yang berhasil mendapatkan miliaran rupiah sebagai konten video pencipta via Youtube atau lebih dikenal dengan Youtuber. 

Untuk mengupload atau mengunggah video, kita dapat melakukannya menggunakan komputer atau laptop dan kita juga bisa melakukannya menggunakan perangkat Android.

Cara Upload Video ke Youtube Menggunakan Smartphone

Ada tiga cara mudah yang dapat kalian gunakan untuk mengunggah video di Youtube melalui perangkat seluler Android. Cara pertama adalah melalui galeri di ponsel kalian, cara kedua adalah melalui aplikasi YouTube dan cara ketiga yang dapat kalian coba adalah melalui browser. Dengan cara ini kalian juga dapat menggunakannya di perangkat iPhone. Tapi yang akan dibahas kali ini adalah mengunggah melalui galeri ponsel

Melalui Galeri Seluler

Sebelum kalian dapat mengunggah video di aplikasi YouTube, persiapkan dulu video yang akan kalian unggah di ponsel Android kalian.
  1. Langkah pertama, silakan buka galeri area tempat kalian menyimpan file video, kalian bisa membukanya di memori internal atau bisa juga di memori eksternal. Yang pasti kalian harus membuka file video melalui perangkat android.
  2. Langkah selanjutnya adalah menekan beberapa video yang akan kalian unggah sampai tkalian centang muncul di layar.
  3. Di bagian bawah layar ponsel, kalian akan melihat item kirim. Silakan klik tombol 'kirim'. Pada berapa banyak jenis ponsel mungkin menu tampilan yang berbeda, kadang-kadang tidak ada pilihan untuk mengirim barang., Yang tersedia, yaitu tawaran untuk share atau berbagi. Tapi apa pun namanya, intinya adalah bahwa fungsi nya sama.
  4. Selanjutnya, yang akan muncul di layar ponsel kalian, berbagai pilihan tempat video kalian akan dikirim, salah satu pilihannya adalah Youtube. Kemudian kalian mengklik ikon Youtube untuk mengunggah video yang kalian pilih sebelumnya.
  5. Kemudian kalian akan diarahkan ke aplikasi Youtube.
  6. Jika kalian pertama kali mengunggah video melalui YouTube, maka kalian harus membuat saluran terlebih dahulu di aplikasi Youtube. Perangkat seluler akan secara otomatis meminta kalian membuat saluran. Harap buat saluran menggunakan nama yang kalian inginkan, lalu klik menu CREATE CHANNEL.
  7. Tunggu hingga proses loading, maka kalian akan diarahkan ke halaman tambah detail video.
  8. Dalam bab ini kalian perlu menambahkan informasi ke video yang kalian unggah. Selain itu, kalian juga dapat menambahkan musik sebagai pemanis, tag dan juga yang lainnya. kalian juga dapat melakukan pengeditan sebelumnya pada video sebelum mengunggahnya. Silakan isi informasi pada video yang kalian unggah dalam deskripsi, lalu kalian pilih fitur privasi video. Ada beberapa pilihan menu, yaitu apakah kalian ingin publik (dapat dilihat oleh siapa saja), Tidak Terdaftar (hanya kalian dan yang kalian berikan tautan yang dapat melihatnya), Pribadi (hanya kalian yang dapat melihat) atau juga dapat dijadwalkan ( dijadwalkan).
  9. Tag, deskripsi, dan privasi video benar-benar memilih tingkat keterbacaan video yang kalian unggah di Youtube. Cobalah untuk memberikan judul dan deskripsi sesuai dengan isi video yang telah kalian unggah.
  10. Jika semua langkah diatas sudah kalian lakukan, maka silakan tekan ikon pesawat yang terletak di sudut kanan layar.
  11. Tunggu hingga proses unggahan video selesai.
  12. Jika kalian ingin memutar video, cukup klik video yang telah selesai diunggah di youtube
  13. Jika kalian ingin membagikan video yang diunggah, kalian dapat mengklik ikon panah yang terletak di sisi kanan layar ponsel. kalian dapat berbagi video dengan beberapa media publik kalian. Dapat dibagikan dengan WhatsApp, BBM, dan lainnya.
Metode di atas sangat mudah diikuti. Namun masih banyak yang belum tahu cara mengunggah video di Youtube melalui ponsel Android seperti yang disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, semoga sukses.