Cara Mudah Mencari Data Duplikat / Double Menggunakan Ms Excel


anaksmanda.com - Kali ini saya mencoba berbagi tutorial Mencari Data Duplikat / Double pada Worksheet Excel. Tutorial ini saya tulis karena suatu hari saya harus rekap kumpulan data berupa nomor rekening bank dari ratusan karyawan. Ketika saya menerima data, muncul pertanyaan apakah data yang saya terima tidak ada yang sama. mengingat itu sangat berisiko akhirnya saya coba menggunakan fungsi rumus dari excel untuk memvalidasi data tersebut.

Adapun cara yang harus kita lakukan adalah menggunakan Fungsi If Conditional pada Ms. Excel yaitu menggunakan rumus :

=if(max(countif(cell area;cell area)>1);"Data Duplikat";"-")

 Adapun penjelasan dari rumus tersebut adalah  Cell area Merupakan kolom yang berisi angka / data yang akan kita bandingkan jika terdapat lebih dari satu untuk angka atau data didalam tabel excel. Perhatikan Gambar dibawah ini.

Berdasarkan data tabel diatas terlihat 4 Kolom yang terdiri dari No, Nama, No Rekening, dan Status. dalam tutorial kali ini kita akan menampilkan tulisan Data Duplikat pada kolom status dimana hal tersebut menandakan bahwa no rekening ada yang sama. Baiklah perhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Arahkan Kursor pada kolom Status di tabel excel. lalu klik dan masukkan rumus seperti yang sudah dijelaskan diatas, pada rumus dengan tulisan cell area:cell area silahkan kalian ganti dengan area tabel yang akan dicari data duplikat. 
  2. Sebagai contoh berdasarkan tabel diatas yang ingin kita cari adalah data No rekening yang berada pada kolom E5 sampai dengan E19. Sehingga pada cell area yang terdapat pada rumus di isi dengan E5:E19;E5:E19 sehingga rumus menjadi :
    =IF(MAX(COUNTIF(E5:E19;E5:E19)>1);"Data Duplikat";"-")

  3. Lalu Enter dan tarik rumus dari kolom Status pada cell F5 hingga cell F19, maka akan otomatis muncul kata "Data Duplikat" apabila pada kolom No Rekening terdapat data yang sama. dan otomatis akan ditandai.

Baiklah sekian tutorial Mencari Data Double Menggunakan Ms Excel kali ini, selamat mencoba dan apabila kalian kesulitan boleh bertanya di kolom komentar atau langsung menggunakan form contact pada halaman blog ini. Terimakasih.