Mengenal Framework Materialize dan Keunggulannya

 
anaksmanda.com - Materialize CSS adalah sebuah framework css yang dibuat dan didesain oleh Google, Material Desain adalah sebuah bahasa desain yang mengkombinasikan prinsip klasik dari desain sukses dengan inovasi dan teknologi. Tujuan Google adalah mengembangkan sebuah sistem desain yang dapat mengizinkan menggabungkan pengalaman pengguna dari seluruh produk mereka pada platform manapun.

Framework ini memiliki 3 prinsip klasik :

  1.     Material adalah sebuah metafora/kiasan
  2.     Berani, Grafis, Disengaja
  3.     Motion yang memberikan arti

Kenapa kita harus menggunakan framework CSS ?

Di tengah-tengah kepopuleran framework CSS seperti Bootstrap, Metro UI, Foundation, Flat UI, dan lain sebagainya yang memudahkan para developer untuk mendesain webnya. Lalu muncul salah satu framework bertema material design bernama Materialize. Di tahun 2014 Setelah Google mengumumkan Material Design, sebuah front-end design untuk produk mereka, yang pada awalnya hanya untuk platform Android saja, mulai digunakan oleh para developer web. Tak lupa Google juga mulai merubah desain produk-produk mereka dengan Material Design, yang membuatnya menjadi design yang "kekinian".Diprakarsai oleh Alvin Wang dan teamnya, Materialize merupakan salah satu framework material design, yang banyak digunakan oleh para web developer. Di dalam Materialize terdapat berbagai fitur pengenalan framework, mulai dari about yang berisi pengenalan produk, getting started tahapan sebelum memulai, css, components dan java script bagian yang berisikan code-code dan fitur-fitur yang berada di materialize, mobile bagian yang memperlihatkan beberapa fitur yang tersedia pada materialize untuk mobile, sampai showcase bagian yang memperlihatkan demo dari web yang menggunakan  materialize, semuanya tersedia disitu.Dengan framework materialize sendiri, kamu sudah bisa membangun sekedar web responsive bahkan web dengan model parallax. Karena memang pada dasarnya dibuat untuk mempermudah para web developer dalam mendesign front-end web mereka.

Dari sekian banyak framework css yang pernah saya coba baik itu Bootstrap (Masih Terpopuler), Foundation, Gumby, Skeleton, dan lain-lain. Menurut saya framework ini adalah framework css yang membuat saya terkagum-kagum, karena fitur desain dari Google telah disediakan disini seperti tampilan menu float button, preloader, parallax dan lain-lain. Framework ini benar-benar mengutamakan dengan UX (User Experience) dalam mengakses aplikasi kita.

Materialize bisa menjadi pilihan alternatif bagi para developer jika ingin mendesain webnya dengan hal yang berbeda, karena memiliki fitur-fitur yang berbeda dari framework lain. Website Materialize dapat diakses di alamat materializecss.com.