Cara Membedakan Kabel Fast Charging Asli atau Palsu


anaksmanda.com - Pasti sebagian dari kalian sudah sangat familiar dengan kabel Fast Charging. Ya, memang benar, kabel ini akan mengisi baterai smartphone kesayangan kalian lebih cepat saat mengisi daya dengan kabel jenis ini. Namun tidak semua kabel fast charging itu asli, karena ternyata ada juga yang palsu. Jadi disini kita akan membahas cara untuk mengetahui perbedaan antara kabel Fast Charging yang asli dan palsu.

Jika menemukan kabel fast charging palsu, pasti bentuknya sama seperti kabel charger biasa. Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan artikel ini dengan baik agar tidak mudah terkecoh dalam memilih kabel fast charging yang asli. Berikut adalah perbedaan antara Kabel Fast Charging Asli dengan yang palsu :

1. Kabel Fast Charging Asli Memiliki Tegangan Arus 2.4A

Untuk melihat perbedaannya, periksa tegangan arus pada kabel fast charging. Kabel fast charging asli memiliki arus atau tegangan listrik normal, sehingga tidak akan berpengaruh pada smartphone kalian. untuk tegangan kabel fast charging asli adalah 2,4 ampere. Namun jika kabel fast charging tersebut palsu, maka kabel tersebut akan memberikan tegangan yang terlalu tinggi yang akan menyebabkan layar smartphone seperti bergerak sendiri.

2. Perhatikan Ujung Kabel, Jika Pendek Berarti Asli


Yang perlu kalian lakukan, tentu saja, adalah memeriksa dan membandingkan kabel fast charging. Karena pasti akan ada perbedaan antara kabel fast charging yang palsu dan yang asli. Misalnya, kalian dapat membandingkan ujung kabel fast charging. Jika kabel fast charging asli, kalian bisa melihatnya dengan membandingkan konektor kabel tersebut, apabila ujung konektor nya lebih panjang berarti itu adalah kabel palsu, untuk lebih jelasnya lihat perbandingan gambar diatas.

3. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Jangan mudah tergiur dengan harga kabel fast charging yang sangat murah. Kabel fast charging tentunya memiliki perbandingan harga, baik yang asli maupun yang palsu. Oleh karena itu, jika kalian melihat kabel fast charging dengan harga yang relatif lebih murah, sebaiknya jangan membelinya karena bisa jadi itu palsu.

Kabel fast charging yang sebenarnya pasti memiliki harga yang sangat berbeda dengan yang palsu. Jika ingin membelinya bisa cek dulu toko online seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak untuk melihat perbandingan harga.

4. Perhatikan Merek dari Kabel Fast Charging

Perhatikan merek kabel fast charging. Setiap kabel fast charging harus memiliki tanda atau kode di mana tanda itu asli atau palsu.

Nama atau merek kabel fast charging asli biasanya dari perusahaan ternama seperti Xiaomi, Samsung atau dari perusahaan lain. Jadi ada baiknya kalian lebih memperhatikan merek kabel fast charging.

5. Gunakan Aplikasi Ampere untuk Membedakannya


Hal terakhir yang dapat kalian lakukan adalah menggunakan bantuan dari aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Ampere. Aplikasi ini hanya berukuran sekitar 5 MB di Playstore. Dalam aplikasi ini kalian akan melihat berapa banyak tegangan yang masuk saat sedang diisi. Jadi kalian bisa langsung membandingkan antara kabel fast charging yang asli dan yang palsu.

Demikianlah Cara Membedakan Kabel Fast Charging Asli atau Palsu. Terima kasih!