Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Unity, Membuat Splash Screen Game Android (Part 1 : Pengaturan Scene)

anaksmanda.com - Setelah beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas tentang Unity yang merupakan salah satu Game Engine android yang populer di tahun 2019 sekarang kita juga akan melanjutkan pembahasan untuk tutorial build game menggunakan unity, untuk tutorial unity ini akan kami bagi menjadi beberapa bagian artikel karena ya cukup dan lumayan panjang prosesnya, karena kita akan membahas dari awal pembuatan sampai hasil jadi.
Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang pembuatan splash screen game. Mulai dari membuat project, mengimport Assets, mengatur object gambar kedalam Hierarchy, dan pembuatan script. splash screen akan muncul setelah tampilan splash screen default milik unity setelah project tersebut dibuild, Karena bagaimanapun kalian harus menggunakan UnityPro untuk menghilangkan Splash Screen default unity.

Pengaturan Scene

Untuk awal pembuatan project kita harus memulai dengan pengaturan scene, Pengaturan scene pada unity sendiri berfungsi untuk mengatur scene yang akan ditampilkan pada awal masuk game, seperti mengatur size layar, auto resize layar atau fullscreen. Silahkan simak langkah dibawah ini :

1. Buka unity yang  telah terinstall di laptop/pc kalian. 

Setelah unity terbuka buatlah project baru di unity, dan beri nama “Unity Part 1”, pilh “2D” dan create project.

2. Simpan Project

Lakukan save pada project yang akan kita buat terlebih dahulu agar apabila terjadi debug / error saat pembuatan sudah ada backup simpanan nya , tekan ctrl+S untuk mengesave scene yang aktif dan beri nama splashscreen.

3. Tambahkan sebuah assets berupa file gambar yang akan dijadikan splash screen. 

Caranya klik Assets → Import New Assets cari gambar yang ingin di jadikan splashscreen, dan klik import. Pada tutorial ini menggunakan file background.png dan character.png.

4. Setting Main Camera pada Hierarchy

Klik Main Camera → lalu pilih projection pada Inspector → ubah menjadi perspective → atur Field of View menjadi 30.

5. Selanjutnya mengatur background kedalam hierarchy

Cara nya pilih menu Game Object → pilih UI → pilih panel
Maka Canvas akan muncul pada hierarchy secara otomatis, dan didalam canvas terdapat Panel yang kalian pilih tadi untuk di jadikan tampungan dari file background.png pada assets.

6. Setting Render Mode pada Canvas agar sesuai dengan screen dari Main Camera. 

Dengan cara klik Canvas pada Hierarchy → ubah Render Mode pada Inspector menjadi Screen Space - Camera → drag Main Camera di Hierarchy dan Drop kedalam Render Camera di Inspector dari Canvas  → atur Plane Distance menjadi 60.
Kalian dapat preview dengan mode 3D, maka dapat dilihat bahwa  Canvas akan menyesuaikan arah shooting dari Main Camera. Ini berfungsi untuk mempermudah dalam mengatur penyesuaian screen dari main camera dan object yang di gunakan pada canvas.


7. Selanjutnya pengaturan pada inspector Canvas Scaler (Script)

Pada inspector Canvas Scaler (Script), UI Scale Mode ubah menjadi Scale With Screen Size

8. Selanjutnya yaitu memasukkan gambar background ke dalam panel

Dengan cara klik panel → klik browse di inspector image tepat disebelah attribut source image → dan pilih gambar background.
Atau dengan cara lebih cepat, kalian bisa drag gambar yang dipilih dari assets lalu mendrop nya kedalam source image
Gambar yang di masukkan kedalam panel secara default akan terlihat blur. anda dapat melihat nya dengan menekan ctrl+2. Anda dapat mengatur kecerahan warna tersebut dengan klik input box tepat disebelah atribut color → atur adjustment pada atribut A menjadi 255.
Simbol A merupakan sebagai Atribut dari Adjustment yang berfungsi untuk mengatur terang atau gelapnya sebuah gambar. Selain itu dapat di dilihat juga simbol R, G, dan B, dimana R sebagai RED, G sebagai GREEN, dan B sebagai BLUE. RGB berfungsi untuk mengatur kemayoritasan dari merah, hijau, dan biru.

9. Selanjutnya menambahkan object image kedalam Canvas. 

Caranya sama seperti menambahkan object panel melalui menu Game Object pada menu di unity, setelah itu pada UI pilih Image.

10. Selanjutnya yaitu memasukkan gambar character ke dalam Image. 

Caranya sama seperti memasukkan gambar kedalam panel klik Image →  klik browse di inspector image tepat disebalah attribut source image→  dan pilih gambar Character.
Kalian dapat mengatur ukuran scale, position, dan anchor dari image pada inspector di panel Rect Transforms.
atau agar lebih mudah kalian bisa mengatur menggunakan tool-tool yang sudah disediakan terletak di sudut kanan atas, dibawah menu.
Kalian juga bisa menguji tampilannya terlebih dahulu dengan menekan tombol Play.

11. Sekarang kalian dapat menambahkan satu buah scene lain 

dengan cara klik File →  New Scene, dan simpan dengan nama Menu.
Logikanya adalah Splash Screen akan muncul beberapa detik kemudian akan dialihkan secara otomatis ke scene selanjutnya yaitu scene Menu. untuk membuat logika tersebut kita harus memulai dengan script, untuk pembahasan pengaturan script untuk splash screen yang telah kita buat tadi akan kita bahas di tutorial berikutnya. Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ada kendala ketika mengikuti tutorial yang kami berikan diatas silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah.