Tutorial Unity, Membuat Splash Screen Game Android (Part 2 : Pengaturan Script)

anaksmanda.com - Melanjutkan artikel yang sebelumnya tentang tutorial pembuatan splash screen game android menggunakan unity, di tutorial yang lalu kita membahas tentang Pengaturan Scene untuk membuat splash screen pada unity dimana kita membahas tentang menambahkan assets, membuat background, setting render mode maupun pengaturan insector canvas scale maka pada tutorial kali ini kita akan melanjutkan membahas tentang pembuatan splash screen game bagian kedua yaitu Pengaturan Script scene yang telah kita buat pada tutorial sebelumnya. baiklah langsung saja ikuti langkah berikut untuk mulai mengatur script pada unity :
baca juga :

Pengaturan Script Splash Screen Game Menggunakan Unity :

1. Pastikan kalian berada pada scene splashscreen. 

Pertama buat Script C# baru dengan cara klik kanan di Tab Project di panel Assets lalu klik Create → Pilih C# Script lalu beri nama SplashScript.
Klik ganda Script tersebut untuk masuk ke dalam Text Editor. 
Secara default unity menggunakan MonoDevelop sebagai text editor, namun pada tutorial ini menggunakan Visual Studio 2012 sebagai text editor. Pada umum nya dalam penggunaan script C# tidak ada beda, Mungkin ada beberapa orang yang tidak suka dengan text editor default dari unity tersebut karna berbagai hal. Untuk mengganti text editor unity, kalian dapat searching sendiri, tapi kalian juga bisa mengikuti tutorial ini dengan menggunakan MonoDevelop.
Selanjutnya pada editor ketikan perintah sebagai berikut :

2. Selanjutnya Save script tersebut dengan ctrl+save

Kembali ke unity dan aktifkan script SplashScript dengan memasang ke Canvas dengan cara Drag and Drop.

3. Perhatikan di Tab Inspector, kini muncul komponen baru. 

Selanjutnya kita akan mencoba menampilkan SplashScreen selama 3 detik sebelum dialihkan ke scene selanjutnya yaitu Scene Menu.
Sekarang silahkan coba tes game kalian dan perhatikan hasilnya. Setelah 3 detik bukan dialihkan ke scene menu, malah muncul error pada Console unity seperti berikut :
Hal ini disebabkan karena scene Menu memang belum di daftarkan dalam keseluruhan project. Maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengatur project dari seluruh scene yang berada didalamnya.

Pengaturan Project


1. Untuk mengatur scene mana saja yang akan didaftarkan kedalam project

Pertama-pertama kalian harus berada di scene yang akan diaktifkan terlebih dahulu, misanya scene splashscreen. Lalu klik File → pilih Build Setting.

2. Dibagian bawah panel Scenes In Build, klik tombol Add Current. 

Scene akan terdaftar secara otomatis (lihat gambar)

3. Lakukan hal yang sama dengan scene berikutnya, 

Yaitu scene menu. kalian harus berada pada scene Menu, lalu Lalu klik File →  pilih Build Setting. Dibagian bawah panel Scenes In Build, klik tombol Add Current. Pastikan semua scene sudah berada pada Scenes In Build.
Selanjutnya apabila semua scene terdaftar dalam project kalian, silahkan kalian kembali ke scene splashscreen dan testing game kalian dengan menekan tombol Play.
Hasil Akhir Splash Screen Game Menggunakan Unity
Sekian tutorial Membuat Splash Screen Game Android (Part 2 : Pengaturan Script) , untuk tutorial unity yang lainnya akan kita bahas di postingan berikutnya. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran atau komentar, silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.