Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui.


anaksmanda.com - Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan mulia dari kalender Hijriah selain dari Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Rajab. Selama bulan-bulan itu, manusia dianjurkan untuk tidak menzalimi diri sendiri dan melakukan dosa. meskipun demikian, memang pada dasarnya manusia tetap tidak dianjurkan untuk melakukan hal tersebut.


PUASA ASYURA

Puasa Asyura  merupakan  puasa pada  bulan Muharram,  yang jatuh pada tanggal 10. Puasa Asyura termasuk kedalam Puasa yang hukumnya Sunnah, namun puasa tersebut sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.
Dalam hadits shahih dikatakan, puasa pada bulan Al-Muharram merupakan sebaik-baiknya puasa setelah puasa pada bulan Ramadhan. Disebutkan dari Abu Hrairah, Rasulullah SAW bersabda :
أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Al-Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam (tahajud).” (H.R. Muslim).

Hadits tersebut menyebutkan Al-Muharram sebagai bulan Allah, makna itu menunjukkan puasa pada bulan Muharram merupakan puasa di bulan yang mulia setelah bulan Ramadhan. Adapun puasa yang dimaksud adalah Puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Al-Muharram atau 10 September pada kalender masehi.

Perlu diketahui, Rahasia dibalik Puasa Asyura salah satunya selain mendapatkan pahala, namun juga dapat menghapus dosa selama setahun yang lalu. seperti disebutkan dalam Hadist Riwayat Muslim :
وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: Rasullulah Shallallahu ’Alaihi Wasallam ditanya mengenai keutamaan Puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan Puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura menghapus dosa setahun yang lalu.” (H.R. Muslim).

1 dari 2 Halaman

PUASA TASUA

Selain dengan puasa Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Al-Muharram, Rasulullah SAW juga menganjurkan bagi yang menginginkan berpuasa pada bulan Al-Muharram, dapat ditambahkan pada tanggal 9 Al-Muharram, atau dapat disebut juga dengan Puasa Tasua (Tasu'ah artinya sembilan).

Hal ini telah disebutkan di dalam hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu ’Anhuma, yaitu ketika Rasulullah SAW melakukan puasa Asyura dan mengajarkan kaum Muslimin untuk melakukannya, pada saat itu ada yang berkata pada Rasullulah,

يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى.
“Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan Nashrani.” 

Lantas beliau mengatakan:

فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُإِنْ شَاءَ اللَّهُصُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ
“Apabila tiba tahun depan insya Allah kita akan berpuasa pula pada hari kesembilan (bulan Al-Muharram).”

Ibnu Abbas mengatakan,

فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّىَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-.
“Belum sampai tahun depan, Rasulullah Shallallahu ’Alaihi Wasallam sudah meninggal dunia.” (H.R. Muslim).

Dari Hadits tersebut dapat disimpulkan, bahwa ketika Rasulullah SAW melakukan puasa Asyura dan mengajarkan kaum Muslimin untuk melakukannya, Rasulullah juga menganjurkan berpuasa pula pada hari kesembilan (9 Al-Muharram) yang akan mulai dilakukan pada tahun depan, namun Rasulillah SAW sudah meninggal sebelum sampai pada tahun yang direncanakan untuk memulai berpuasa Tasua.

Syaikh Imam An-Nawawi menerangkan, seperti yang dapat disimpulkan dari para ulama katakan bahwa Puasa Tasua dianjurkan untuk menyelisii orang Yahudi yang hanya berpuasa pada tanggal 10 Al-Muharram.

2 dari 2 Halaman

keyword: Islam, Puasa Asyura, Tasua, Hadist Shahih, Rasulullah, Al-Muharram

Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui., artikel Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui., Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui., baca Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui., artikel Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui.

0 Response to "Rahasia Puasa Asyura dan Tasua pada 9-10 Muharram (9-10 September) Yang Perlu Diketahui."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel text

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel