Cara Mudah Menambah Virtual Memory Ram di Windows

Memori virtual atau paging file merupakan salah satu komponen penting yang menentukan kinerja sebuah komputer. Meningkatkan ukuran memori virtual dapat mempercepat kinerja Windows 10, terutama saat menjalankan program dan game berat.

Fungsi utama virtual memory adalah sebagai tempat menyimpan file program yang sedang berjalan namun tidak aktif (tidak aktif atau jarang digunakan) sehingga ruang RAM dapat diprioritaskan untuk program yang sedang aktif.

Memori virtual dapat dianggap sebagai perpanjangan dari RAM, perbedaannya adalah pada RAM, yang merupakan memori fisik, sedangkan memori virtual adalah memori yang disebabkan oleh virtualisasi beberapa ruang pada hard disk.

Transfer data dari RAM ke memori virtual akan terjadi terus menerus selama sistem berjalan. Data yang jarang digunakan akan dipindahkan dari RAM ke memori virtual, dan data yang dibutuhkan oleh prosesor akan dipindahkan ke RAM. Dengan pendekatan semacam ini, sistem akan tetap memiliki sumber daya yang cukup dan akan menghindari penundaan dan crash.

Kurang lebih sama pentingnya dengan keberadaan memori virtual di sistem operasi Windows, dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengalokasikan ukuran yang tepat.

Secara default, Windows telah mengalokasikan ukuran memori virtual secara otomatis, tetapi biasanya ukurannya masih sangat kecil. Jika Anda suka menjalankan program berat seperti bermain game menggunakan emulator, bisa dipastikan akan sering muncul pesan error "virtual memory low", sama seperti saat Anda menjalankan program berat lainnya.

1. Buka Windows Explorer > Klik Kanan My Computer > Properties

Langkah pertama kita masuk dulu ke properties komputer. Cara termudah adalah dengan membuka file explorer dan kemudian klik kanan pada ikon komputer dan pilih properti.

2. Pilih Menu Advanced System Settings

Setelah memasuki properti komputer, lihat opsi bawah, klik Advanced System Settings.

3. Klik tab Advanced > Performance > Settings

Kita akan dibawa ke jendela System Properties. Klik tab Advanced, lihat bagian Performance, lalu klik tombol Settings.

4. Pilih tab Advanced > Virtual memory > Change

Setelah masuk ke jendela Performance Settings, klik tab Advanced, lalu lihat bagian bawah menu Virtual Memory dan klik tombol Change.

5. Sesuaikan Ukuran Memori Virtual Sesuai Kebutuhan Kalian

Selanjutnya kita tinggal resize virtual memory di Windows sesuai kebutuhan. Pastikan untuk menyorot pada drive C> pilih Ukuran Kustom dan kemudian ubah nilainya. Nilai ukuran awal adalah nilai memori virtual kita, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan ukuran RAM.
Idealnya, nilai memori virtual adalah setengah dari nilai RAM, tetapi jika kalian menggunakan RAM kecil, kalian dapat menggunakan nilai yang sama dengan RAM.